Cabai Keriting Petani Desa Moyag Miliki Prospek Menjanjikan

0
718

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Tanaman cabai keriting rupanya cukup menjanjikan untuk petani di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur. Saat ini, sejumlah kelompok tani di desa tersebut sedang menikmati hasilnya.

Salah satu adalah kelompok tani yang di ketuai oleh Fey Kawulusan. Baru-baru ini mereka memanen cabai keriting mencapai 1,8 ton.

“Kita sudah melakukan panen sebanyak sembilan kali. Ada 2.200 pohon cabai keriting yang kita taham. Buah cabai yang dihasilkan setiap kali dipanen sebanyak 1,8 ton,” ungkap Fey, Selasa (24/7).

Hasil panen tersebut, kata Fey, dipasarkan melalui kerjasama dengan salah satu produsen makanan.

“Untuk pemasaran, kita bekerjasama dengan Carefour dengan harga Rp45 ribu per kilogram. Cukup untuk kebutuhan ekonomi anggota kelompok,” kata Fey.

Meski begitu, lanjut Fey, rata-rata kelompok tani di desanya masih membutuhkan bantuan peralatan dari Pemerintah Kotamobagu untuk lebih meningkatkan lagi produksi.

“Yang paling utama, Pemkot harus punya laboratorium pertanian yang bisa digunakan oleh kelompok tani. Mulai dari pembibitan sampai pada penanggulangan hama. Agar, hasil panen juga bisa lebih baik,” harap Fey.

Saat ini, tambah Fey, pihaknya sedang melakukan pembibitan bibit cabai keriting yang baru. Agar, setelah masa panen selesai, bisa dilanjutkan dengan hasil panen yang baru.

“Saat ini, kita sedang melakukan penumbuhan 5.000 pohon bibit baru, untuk hasil panen selajutnya. Kalau betul-betul dikembangkan, cabe keriting punya prospek bagus. Bisa sejahterakan petani,” terang Fey.

*RA

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.