2019, Pemkab Boltim bakal Bangun Ratusan Rumah Gratis

0
655

Boltim, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar SH, membuka kegiatan pelatihan keterampilan berusaha bagi 750 keluarga miskin pembangunan rumah baru dan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH), di Sanggar Kegiatan Belajar Tutuyan, Desa Togid, (1/8).

Sehan mengatakan, di tahun 2018 Pemda Boltim telah mengalokasikan anggaran yang begitu besar dalam APBD untuk pembangunan RS RTLH dengan target untuk menuntaskan kebutuhan rakyat terhadap rumah.

“Target pemerintah daerah tahun 2019, seluruh rakyat Boltim sudah tinggal di rumah sendiri, di tanah sendiri, di negeri sendiri,” kata Sehan.

Sehan menuturkan, ada sejumlah kategori penerima pembangunan rumah baru/RS RTLH, dimana masyarakat yang tidak memiliki tanah pun akan diberikan tanah gratis untuk dibangunkan rumah.

“Ada tiga kategori penerima pembangunan rumah baru/RS RTLH, yaitu rakyat yang punya tanah dan punya rumah tapi tidak layak maka itu dipugar/rehabilitasi. Ada yang punya tanah tapi belum memiliki rumah maka di bangun rumahnya, ada yg tidak punya tanah dan tidak punya rumah maka diberikan pekarangan 12 x 8 m2 secara gratis dan dibangunkan rumah,” terang Sehan.

Lebih lanjut Sehan mengungkapkan, total rumah rakyat yang akan dibangun di Boltim pada tahun 2018 selain 750 RS RTLH, juga terdapat 300 unit rumah dari sharing dengan Kementerian PUPR, dan 50 unit rumah nelayan di Desa Motongkad bantuan dari Kementerian Kelautan dengan pagu Rp100 juta/unit.

“Dalam KUA PPAS tahun 2019, juga telah direncanakan pembangunan 900 unit rumah. Hanya Boltim yang berani intervensi rumah penduduk sebanyak itu,” terang Sehan.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Boltim, Rudi Malah, menambahkan, total anggaran untuk pembangunan RS RTLH tahun 2018 senilai Rp13.125.000.000.

“Itu untuk pembangunan 750 unit RS RTLH dimana harga per unitnya sebesar Rp 17.500.000,” singkat Malah.

*hms/Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.