Babinsa Tolutu Bantu Petani Tanam Jagung

0
897

Bolsel, Inatonreport.Com – Babinsa Desa Tolutu Koramil 1303-08/Bolaang Uki, Koptu Faisol, melakukan pendampingan kepada para petani di desa binaannya, Senin (13/08). Kali ini, pendampingan diberikan kepada Arimin Lamusu, salah seorang petani yang akan menanam jagung.

Untuk menghasilkan tanaman jagung yang subur, lahan tanam atau kebun harus digemburkan terlebih dahulu. Penggemburan dapat dilakukan dengan cangkul atau bajak. Setelah itu dapat diberi dengan pupuk kandang atau kompos.

Penanaman jagung dilakukan dengan membuat lobang lobang menggunakan kayu yang ujungnya diruncingkan. Sedangkan untuk penanaman dilakukan dengan ukuran 70×20 cm. 70 cm adalah jarak antar baris dan 20 cm jarak antar tanaman jagung.

Untuk kedalaman lobang 3-5 cm masukkan bibit 1-2 biji setiap lobang dan tutup dengan menggunakan tanah disekitar lobang.

Danramil 1303-08/Bolaang Uki, Kapten Inf Jani Mamangkey, berharap program upsus pajale di wilayah Bolaang Uki yang dikerjakan bersama dan pendampingan babinsa supaya program swasembada nasional pangan ini berhasil.

Sementara, Arimin Lamusu, pemilik lahan di desa tersebut merasa sangat senang dan mengapresiasikan kegiatan yang dilaksanakan Koptu Faisol, karena sangat membantu petani dalam mengolah dan menanam jagung.

“Semoga hasilnya lebih meningkat ,” ucap Arimin.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.