Gudang Penyimpanan Material PLN Cabang Kotamobagu Terbakar

0
1226

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Gudang penyimpanan material Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kotamobagu, yang terletak di Jalan Perbinda Kelurahan Biga Kecamatan Kotamobagu Utara, Minggu (19/8/2018) sekitar pukul 17:31 WITA, nyaris ludes terbakar.

Karyawan PLN Cabang Kotamobagu, yang tinggal di rumah dinas PLN, Novy Rotin Sulu, mengatakan, jika peristiwa kebakaran tersebut bermula dari suara ledakan kuat di area gudang penyimpanan material.

“Saat kejadian saya sedang mandi, tiba-tiba mendengar ledakan di luar. Saya langsung keluar mencari bunyi ledakan tersebut. Begitu keluar saya melihat api sudah menyala di bangunan rumah kosong. Saya sudah berusaha untuk memadamkan api, namun terhalang oleh tumpukan kabel transmisi jaringan listrik, sehingga api semakin membesar merambat ke kabel-kabel tranmisi jaringan listrik,” ujar Novy.

Novy pun sempat mematikan gardu listrik, dan memanggil rekannya, Trisno Widodo (27). Bersama Trisno, Novy tetap berusaha mematikan api tersebut dengan alat pemadam api ringan (apar), namun api tersebut tidak bisa dipadamkan karena banyak material kabel listrik.

Agar api tak semakin membesar, Trisno langsung melaporkan ke pemadam kebakaran (Damkar) Kotamobagu untuk meminta bantuan.

Selama 4 jam 25 menit atau sekitar pukul 21:45 WITA, api berhasil dipadamkan oleh 3 unit Damkar yang dibantu water canon milik Polres Bolmong dan bantuan masyarakat sekitar yang menggunakan alat seadanya.

Untungnya, insiden kebakaran tersebut tidak menelan korban jiwa. Namun diperkirakan kerugian materil PLN akibar kebakaran tersebut berjumlah miliran rupiah.

Adapun fasilitas yang terbakar antara lain 1 unit gudang penyimpanan kabel, puluhan kabel transmisi jaringan listrik, dan 2 unit rumah dinas.

Penyebab kebakaran tersebut saat ini masih dalam penyelidikan, dan sudah dalam penanganan Polres Bolmong.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.