Mimpi Petani Punya Lahan Sawah Terwujud karena Cetak Sawah Baru

0
742

Dumoga, Inatonreport.Com Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga, Kopda Dafit Talibo, mendampingi petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) ”Mekar Sari”, untuk melaksanakan penanaman padi di lokasi cetak sawah baru seluas 3,50 hektar, di Desa Toraut Utara Kecamatan Dumoga Barat Kabupaten Bolmong, Senin (6/8).

Pendampingan yang dilakukan Babinsa ini sekaligus adalah upaya mempercepat penyelesaian program perluasan cetak sawah baru di Kabupaten Bolaang Mongondow khususnya Kecamatan Dumoga.

Selain menanam padi, Kopda Dafit Talibo juga memberikan semangat dan motivasi kepada petani guna suksesnya program perluasan cetak Sawah baru di wilayah Bolmong khususnya Kecamatan Dumoga.

Danramil 1303-07/Dumoga, Lettu Inf Felix Rawung, mengatakan, sebelumnya lokasi cetak sawah adalah sebuah hutan belantara milik warga sekitar yang terletak diperbukitan, dengan tekad yang kuat sekarang sudah nampak hamparan sawah.

“Kami sangat serius dalam mendorong petani untuk menyukseskan program ini demi kedaulatan pangan dan suksesnya swasembada pangan nasional”, ujar Rawung.

Sementara, salah satu petani, I Nyoman Game mengungkapkan rasa syukurnya dengan lahirnya sawah baru di kampungnya.

“Saya dulu sejak kecil sering membantu orang tua menggarap sawah dan sekarang saya sudah punya lahan sawah sendiri. Ini sebuah nikmat besar yang sangat saya syukuri, karena setahun ke depan saya tidak lagi berfikir kebutuhan pangan keluarga saya. Jadi hasil pertanian lainnya seperti kopra dan hortikultura bisa saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya, seperti menyekolahkan anak dan tentu saja untuk tabungan,” ungkap Nyoman dengan penuh rasa syukur.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.