Poyowa Besar Jadi Pemasok Beras Terbesar di Kotamobagu

0
916

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Data diperoleh dari Dinas Pertanian, area persawahan terbesar di Kotamobagu berada di Desa Poyowa Besar, Kecamatan Kotamobagu Selatan, potensi padi sawah mencapai 1.691,55 hektar.

Menurut salah satu petani setempat, Jaidin Mokodompit, persawah di Poyowa Besar menjadi daerah pemasok beras terbesar di Kotamobagu.

“Kami petani di sini sangat beruntung karena memiliki area persawahan yang luas dengan ditunjang saluran irigasi yang memadai. Kalau di pasar paling dikenal beras dari sini. Kualitasnya juga tak kalah dengan beras dari daerah lain,” sebut Jaidin.

Namun demikian, ia mengaku ada berbagai kendala yang dialami para petani dalam menunjang aktivitas tanam padi, seperti pupuk dan tenaga kerja.

“Terkadang pupuk sulit didapat. Begitu juga dengan orang kerja. Sulit mendapatkan orang kerja kalau waktu panen bersamaan dengan panen cengkih,” tambah Jaidin.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian, Muljadi Suratinoyo, mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil produktifitas pertanian. Selain melobi dan memberi bantuan Alsintan, pelatihan rutin diberikan termasuk memaksimalkan tenaga penyuluh pertanian.

“Semua yang dilakukan itu bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat,” sujar Muljadi.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.