DPRD Paripurnakan KUA-PPAS 2019

0
595

Boltim, Inatonreport.Com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Rapat Paripurna dalam rangka penandatanganan nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) – Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2019, Senin, (12/11/2018).

Agenda tersebut di pimpin langsung oleh ketua DPRD Boltim Marsaole Mamonto, di dampingi wakil Ketua Sumardia Modeong, dan Antonius Afendy Muaya.

Paripurna ini di awali dengan laporan dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD Boltim oleh Saptono Paputungan.

Dikatakannya, KUA merupakan dokumen memuat kebijakan bidang pendapatan belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasari untuk periode tahun sebagai mana penjabaran Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk selanjutnya menjadi acuan bagi penyusunan PPAS.

Sedangkan PPAS lanjutnya, merupakan program prioritas dengan patokan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada SPKD sebagai mana program acuan dalam penyusunan RKA SKPD.

Hasil pembahasan KUA-PPAS ini menjadi pedoman utama DPRD dan pemerintah daerah (Pemda) dalam penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD).

KUA-PPAS tahun 2019 yang akan disepakati menjadi dokumen penting dan strategis untuk menuntun kemana arah alokasi pendapatan belanja dan pembiayaan. Di mana pada tahun 2019, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Boltim, mengusung tema, membahas pembangunan.

“Pemantapan pembangunan infrastruktur pariwisata dan kearipan lokal melalui pemberdayaan masyarakat yang berdaya saing tinggi dan berkelanjutan,” kata Saptono saat membacakan laporan Banggar.

Paripurna KUA-PPAS ini turut dihadiri Bupati Boltim dan Wakil Bupati Boltim, Asisten I,II dan III, SKPD, camat dan para sangadi se-Boltim.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.