Promosi Kopi Kotamobagu Kian Gencar, BPJS Diminta Bikin Pendampingan

0
647

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Kopi Kotamobagu makin dikenal. Tak hanya di Indonesia, bahkan kian merambah mancanegara. Kini, kopi Kotamobagu akan dipromosikan ke Jerman.

Untuk itu, perlu ada pendampingan. Disampaikan, Sekretaris Kota Kotamobagu, Adnan Massinae saat launching Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Desa Bilalang 2, Kamis(8/11), BPJS Ketenagakerjaan perlu memberikan pendampingan kepada petani kopi organik.

Sebagai mitra Desa Bilalang, BPJS perlu membantu petani. Baik dari budidaya, produksi maupun pemasaran. Petani juga, kata Adnan, harus menjadi peserta BPJS.

“Manfaatnya banyak. Ada jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan jaminan pensiun,” tegasnya.

Petani tidak usah ragu. Jika terjadi kecelakaan kerja, bisa langsung diberikan jaminan kecelakaan.

“Asalkan bukan dibuat-buat,” katanya guyon.

Kopi Kotamobagu memang sudah dikenal dibeberapa negara Eropa. Untuk lebih meluaskan produk unggulan Kotamobagu ini, promosi terus dilakukan.

Selain promisi, budidaya juga perlu diperhatikan. Kebanyakan tanaman kopi yang ada saat ini, telah berumur cukup tua. Petani sudah saatnya, mulai melakukan peremajaan.

Jenis yang mulai dikenalkan adalah jenis kopi ateng. Kopi jenis ini, termasuk jenis yang cepat berbuah dan tahan penyakit. Jenis kopi ini cocok untuk Kota Kotamobagu.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.