Pemkot Programkan Bahasa Daerah untuk Instansi Pemerintah dan Sekolah

0
721

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, membuka sosialisasi fungsi dan peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) serta Lembaga Adat untuk pembangunan masyarakat desa dan kelurahan se-Kota Kotamobagu, di aula rumah dinas Wali Kota Kotamobagu, Kamis (20/12/2018).  

Dalam sambutannya, Tatong mengatakan, sosialisasi tersebut di selenggarakan bertujuan agar seluruh lembaga adat dan LPM dapat mengetahui lebih jelas tentang peran dan fungsinya masing-masing.

“ Saya menitipkan agar lembaga adat dapat menjaga sekaligus memberikan edukasi kepada generasi, agar tetap mengunakan bahasa Mongondow, agar kita tidak kehilangan kehilangan indentitas,” ujar Tatong.

Pernyataan Tatong tersebut disebabkan karena banyak orang Bolmong yang di luar daerah enggan memakai bahasa daerah sendiri.

“Pemerintah sudah memprogramkan pelestarian bahasa Mongondow pada setiap hari Kamis di lingkungan pemerintah termasuk desa dan kelurahan. Sementara untuk hari Sabtu di peruntukan bagi pelajar yang ada di sekolah,” terang Tatong.

*mc/Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.