Kodim Bolmong Terus Lakukan Pendampingan kepada Petani

0
693

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Kegiatan pendampingan ketahanan pangan hingga kini masih dilakukan Koramil jajaran Kodim 1303/Bolmong.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1303-01/Kotamobagu, Serda Danal Pakambanan, yang melakukan pendampingan terhadap petani jagung di Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur Kota Kotamobagu, Jumat (03/01/2019).

Di lahan seluas satu hektar yang ditanami jenis jagung Bima Super yang berumur 20 hari milik Sukri Damulawan, perawatan tanaman jagung yang dilakukan berupa penyiangan gulma, menggemburkan tanah dan memeriksa hama penyakit.

Menurut Serda Danal Pakambanan, Kegiatan pendampingan yang dilakukan di lahan yang di kelola Sukri, berupa pembersihan atau penyiangan gulma dan rumput.

“Selain penyiangan gulma dan rumput liar tersebut, juga dilakukan penggemburan tanah dan pengecekan hama/penyakit,” ungkap Danal.

Terpisah, Danramil 1303-01/Kotamobagu Lettu Inf Muyassir, mengatakan kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) guna percepatan pencapaian swasembada pangan komoditas jagung khususnya di wilayah Kota Kotamobagu.

Lanjut Danramil, untuk mencapai hasil panen yang optimal dalam bercocok tanam jagung ini perlu diperhatikan beberapa faktor, diantaranya pemilihan benih unggul, penyiapan dan pengolahan lahan yang baik, metode tanam dan pemupukan yang tepat, irigasi dan drainase yang baik, pengendalian hama penyakit tanaman (HPT) dan gulma serta metode panen dan pasca panen yang tepat.

Danramil berharap, dengan adanya pendampingan dari para Babinsa ini akan memotivasi petani untuk semakin giat dalam bertani sehingga hasil panen lebih optimal.

“Bila hasil panen melimpah maka penghasilan petani akan bertambah dan target swasembada pangan akan tercapai,” jelasnya.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.