Ketua TP PKK Boltim Buka Sosialisasi dan Pemeriksaan IVA TES

0
577

Boltom, Inatonreport.Com – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ny Nursiwin landjar dungio SAP. Membuka Secara resmi kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan IVA TES untukmendeteksi Kanker Serviks sejak dini secara manual, cepat, praktis dan akurat.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim juga dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan dilaksanakan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Modayag Induk, Kabupaten Boltim, Kamis (21/2/19).

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Wakil Ketua TP-PKK Boltim Titiek Susanti Gumalangit Mamonto Spd, Kepala BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Drs. sugiyatna MM , Kepala Dinas Kesehatan Boltim Eko Marsidi, Kepala Dinas KB Ahmad Mulyadi, Kadis Kominfo Hamdi Egam, Camat Modayag Uyun Pangalima, narasumber juga masyarakat.

Dalam sambutanya Nursiwin selaku ketua TP-PKK kabupaten menyampaikan selamat datang kepada seluruh narasumber dan peserta sosialisasi.

Dirinya berharap setiap peserta yang hadir bisa membawa manfaat serta pengetahuan tentang IVA TES. Karna dengan cara sederhana ini ibu-ibu di Boltim sudah bisa mendeteksi kanker rahimnya.

“Sosialisasi IVA TES ini dilakukan karena ini adalah cara sederhana mendeteksi kanker serviks dibanding PAP SMEAR atau pemeriksaan di Prodia yang membutuhkan biaya lumayan mahal,” tambahnya.

Menurut Nursiwin peserta yang hadir kali ini cukup banyak, itu arti nya ibu ibu yang ada di kecamatan modayag suda ingin sehat semua nya, karna kesehatan adalah segala segala nya jadi jangan malu2 untuk memeriksakan diri,” ujarnya.

Nursiwin juga menghimbaw kepada TP-PKK tingkat desa agar dapat memasukan agenda sosialisasi IVA TES sebagai rencana kerja tahun 2019 di desa masing masing.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.