Wabup Boltim Apresiasi Digelarnya Rapat Tim Pora

0
711

Boltim, Inatonreport.Com – Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit, membuka kegiatan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) oleh Kantor Imigrasi Kelas III Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kotamobagu bertempat digedung Aula penginapan Safira Desa Tombolikat Induk, Selasa (26/2/19).

Dalam kesempatan itu, Gumalangit, menyampaikan apresiasi kepada segala pihak yang menggelar kegiatan rapat Tim Pora.

“Kami pemerintah juga instansi terkait dalam hal ini Kontor Imigrasi, punya tugas yang sama, dalam pemgawasan warga negara asing,” kata Gumalangit.

“Orang asing jika masuk disatu daera pasti punya tujuan, bisa berkaitan dengan pekerjaan, wisata dan lain lain. Olehnya kita perlu kordinasikan dengan pihak imigrasi untuk mengecek kelengkapan dokumen mereka yang masuk di daerah agar kita tau mereka datang untuk keperluan apa dan punya dokumen yang jelas atau tidak” ucap Gumalangit.

Lebih lanjut Gumalangit mengatakan hasil rapat yang diadakan dengan Imigrasi hari ini, akan di implementasikan dalam tugas keseharian.

“Tentunya dalam hal pengawasan terhadap orang asing ter khusus yang akan masuk di daerah Boltim. Oleh sebab itu di butuhkan peran serta dari semua elemen yang ada terutama camat dan sangadi, juga seluruh masyarakat,” jelas Gumalangit.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Kelas III jhoni Rumangit SH, meminta peran aktif dari camat dan sangadi. Dan tentunya harus tahu tentang penduduknya, harus pro aktif dalam pemgawasan serta pelaporan tentang orang asing yang masuk di wilayahnya.

“Pentinya saling koordinasi dengan pemerintah daera instansi terkait tentang pelaporan data orang asing. Apalagi mendekati Pemilu harus kita awasi bersama penduduk yang ada,” jelas Rumangit.


Dia menyebut, Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan kegiatan di Desa Buyandi, diduga warga negara Cina. Juga WNA yang berkegiatan di Desa Lanut (PT. PII), juga WNA berkegiatan di PT. Ilomata, lokasi pertambangan di belakang Desa Lanut yang dibiayai oleh warga negara India.

Lebi lanjut Rumangit menghimbau adapun Warga Negara Asing (WNA) yang masuk di Boltim bisa mebawa manfaat buat daerah yang mereka datangi, serta berkegiatan sesuai ijin yang di yang di berikan, karna kalau tidak kami akan melakukan tindakan yang terukur, kami mau mereka bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kegiatan juga dirangkaikan dengan pengukuhan kepada 7 camat se-Boltim sebagai Tim Pora.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.