Hutan Kota Jadi Tempat Belajar Lingkungan oleh Siswa SMP N 9 Kotamobagu

0
626

Kotamobagu, Inatonreport.Com – SMP Negeri 9 Kotamobagu melakukan pembelajaran tentang lingkungan pada siswa di hutan kota, Mongkonai Barat, Kotamobagu Barat.

Kepala SMP Negeri 9 Kotamobagu, Abdul Satar Dundo, mengatakan, memberikan pelajaran tentang lingkungan langsung dari alam lebih mengena. Alasannya, karena siswa langsung berinteraksi dengan alam.

Menurut Satar, dipilihnya Hutan Kota Kotamobagu karena hutan kota cukup banyak jenis tumbuhan dan juga udara masih sejuk.

“Adapula fasilitas pendukung bagi pengunjung,” katanya, Jumat (8/3).

Lanjut Satar, dengan belajar di alam bebas siswa dapat memahami pentingnya menjaga alam. Pada akhirnya, menumbuhkan rasa cinta terhadap alam. Disamping itu, siswa bisa memahami bahwa pendidikan tidak hanya dilakukan secara formal, tapi dapat dilalukan di luar kelas.

Dengan belajar di luar kelas, siswa bisa menyatu dengan lingkungan dan budaya yang berkembang, tidak teralinasi, sehingga mereka mudah beradaptasi dan melakukan transformasi kultural.

Keunggulan belajar di luar sekolah yaitu anak didik akan dapat beradaptasi dengan lingkungan, alam sekitar. Mengetahui pentingnya keterampilan hidup dan pengalaman hidup di lingkungan dan alam sekitar. Dan, dapat memiliki apresiasi terhadap lingkungan sekitar terutama menjaga keseimbangan alam.

Lebih lanjut katanya, siswa dididik untuk mau menjaga alam. Jika alam rusak maka dampaknya sangatlah besar.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.