TNI dan Polri Siap Kawal Pelaksanaan Pemilu 2019

0
665

Boltim, Inatonreport.Com – Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 siap dikawal oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri).

Sebagaimana yang disampaikan Kapolsek Urban Kotabunan Komisaris Polisi (Kompol) Suparno SSos pada apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 yang melibatkan seluruh instansi terkait bertempat di Mapolsek Urban Kotabunan, Rabu (27/3).

“Kami dari TNI/Polri pada prinsipnya siap melaksanakan pengamanan mulai dari tahapan awal sampai dengan kampanye terbuka dan dilanjutkan sampai pengamanan di TPS. Kita TNI/Polri solid untuk mengmankan,” ujar Suparno saat diwawancarai sejumlah awak media.

Terkait dengan pelanggaran Pemilu, lanjut Suparno, itu kewenangan Panwas. Jika nanti kalau Panwas mengindentifikasi bahwa itu kategori suatu pelanggaran Pemilu akan ditindaklanjuti.

“Jika ada insiden tauran itu tanggungjawab Polri nanti di back up TNI, kita akan amankan. Kita akan ambil tindakan tegas supaya tidak menjalar ke tempat lain,” tegasnya.

Mantan Kapolsek Kema ini menambahkan, untuk pemungutan suara Polri akan melaksanakan pengamanan di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) termasuk Kantor KPU dan Bawaslu dengan menggunakan pola kurang rawan, rawan dan sangat rawan.

“Kalau kurang rawan kita bisa menggunakan polisi dua dan empat Limas untuk mengamankan dua TPS. Untuk pengamanan khusus menjaga kotak suara sudah disiapkan. Nanti polisi di PAM TPS akan mengiring terus mulai dari PAM di TPS kemudian selesai perhitungan akan dikawal terus sampai perekapan di KPU,” jelasnya.

*Rey/Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.