Bupati Boltim Hadiri Diklat PBJ Pemerintah Tahun 2019

0
530

Boltim, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar SH, menghadiri Diklat Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemerintah tahun 2019 yang diselenggarakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim, bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia (RI), bertempat di Hotel Grand Puri Manado, Senin (29/4/2019).

Pada kesempatan itu, Sehan dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut sangat penting. Kemampuan peserta diklat untuk menyerap materi dan lulus uji kompetensi ini, tentunya merupakan hal penting untuk peningkatan kapasitas dalam mempersiapkan diri sebagai pengelolah barang/jasa pemerintah.

“Namun yang perlu disadari juga, bahwa keikutsertaan dalam kegiatan ini adalah untuk memproyeksikan diri sebagai ASN yang mampu menelaah regulasi tentang pengadaan kemudian mengimplementasikannya dalam bidang pekerjaan dan tentunya dalam rangka memperoleh sertifikasi dasar sebagai pengelolah PBJ, serta guna mempersiapkan diri sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) di instansi masing-masing,” ungkap Sehan.

Kita sadari bersama kata Sehan, PNS sebagai unsur pertama Sumber Daya Manusia (SDM) apatatur negara, mempunyai peran yang sangat menentukan bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Sosok aparatur yang mampu memainkan peran tersebut adalah mereka yang memiliki kompetensi yang tercermin dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional dan sadar akan tanggungjawabnya sebagai pelayanan masyarakat,” ujar Sehan.

Sementara itu, Kepala BKPSDM, Boltim Robbi Mamonto, mengungkapkan, dalam melaksanakan kegiatan tersebut, pihaknya bekerjasama dengan LKPP RI.

“Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, dengan menghadirkan pemateri dari LKPP RI dan fasilitator pengadaan barang/jasa bersertifikasi,” ungkapnya.

Adapun pesertanya kata Robi, berjumlah 40 ASN yang tersebar disejumlah SKPD Pemkab Boltim, di mana usai kegiatan ini akan dilanjutkam dengan tes akhir menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), bagi yang lulus akan mendapatkan sertifikat dari LKPP RI.

“Kita berharap semua peserta lulus pada tes akhir CAT yang akan digelar pada tanggal 10 April 2019 di Kantor BKN Regional 11 Manado. Nantinya, peserta siapa lulus akan kita sebar ke masing-masing SKPD,” tambahnya.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.