Ini Kelurahan yang Jadi Jawara di Lomba Tradisi Monuntul

0
489

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Festival Pesona Monuntul Kota Kotamobagu merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah kota (Pemkot) Kotamobagu.

Pada tahun 2019 ini, tim juri yang beranggotakan 7 orang akhirnya menobatkan Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan sebagai juara pertama.

“Tahun ini Motoboi Kecil masih menjadi juara pertama. Penilaian sendiri kami ambil dari tiga tingkatan kategori yakni tingkat partisipasi dan antusiasme masyarakat sebesar 40 persen, kreasi Lampu Hias Listrik dan Lampu Botol (Tuntul) 25 persen dan keserasian dan kreativitas dalam penataan Tuntul dan Lampu Hias 35 persen,” ujar Jainudin, Ketua tim juri Pesona Monuntul 2019.

Dia menerangkan, memang banyak desa dan kelurahan yang menghiasi Lapangan dengan berbagai Lampu Hias dan Tuntul, tapi pada penilaian tingkat partisipasi dan antusiasme masyarakat sangat rendah.

“Ada beberapa desa dan kelurahan jika dilihat di satu titik pusat kegiatan Monuntul sangat cantik, indah serta tingkat kreasi yang tinggi. Tapi, saat tim juri menilai di lorong-lorong atau jalan lain di desa/kelurahan itu, tingkat partisipasi masyarakat sangat rendah,” terangnya.

Menurutnya, masih ada juga beberapa desa/kelurahan yang tidak mengikuti lomba Pesona Monuntul ini.

“Masih ada juga yang Pemerintah desa/kelurahannya yang tidak ikut lomba ini seperti Desa Sia, Upai, Biga, Moyag Induk, Moyag Tampoan, Moyag Todulan, Motoboi Besar. Itu artinya ketujuh desa/kelurahan ini tidak mendukung program lomba Pesona Monuntul yang dilaksanakan oleh Pemkot,” urainya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala bagian (Kabag) Kesejahteraan rakyat (Kesra) Adin Mantali mengatakan akan melaporkan hal tersebut ke Wali Kota Kotamobagu.

“Berdasarkan rekomendasi dari tim juri, Ketujuh desa/kelurahan ini akan saya laporkan ke ibu Wali Kota untuk ditindak lanjuti. Penyerahan hadiah untuk juara-juara Pesona Monuntul akan diserahkan saat acara Halal Bi Halal Pemkot yang akan dilaksanakan di Kelurahan Motoboi Kecil pada Rabu besok (12/6/2019),” ujar Adin.

Berikut Hasil Penilaian Lomba Pesona Monuntul Kota Kotamobagu Tahun 2019

Juara 1 : Kelurahan Motoboi Kecil, total nilai =  883.05
Juara 2 : Desa Poyowa Besar 1, total nilai =    735,15
Juara 3 : Kelurahan Matali, total nilai = 726,20
Juara harapan 1 : Desa Tabang, total nilai = 710,85
Juara Harapan 2 : Kelurahan Mongkonai Barat, total nilai = 672,75
Juara Harapan 3 : Kelurahan Molinow
Total Nilai = 627,75

SUMBER: JURI PESONA MONUNTUL 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.