Wabup Bolsel Minta Kemedes bantu Tingkatkan Kapasitas Aparat Desa

0
438

Bolsel, Inatonreport.Com -Wakil Bupati Bolsel, Deddy Abdul Hamid, menggelar audience dengan Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ditjen PPMD, Kementerian Desa & PDT RI, Moh. Fachri SSTP MSi , Jumat (5/7/2019).

Pertemuan yang dilaksanakan di ruang kerja Direktur PMD Gedung B Kemendes tersebut, Deddy menyampaikan bahwa Pemda Bolsel dalam pengoleloaan Dana Desa berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019. Maka tak heran pelaksanaanya berjalan dengan baik karena mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan.

Namun beberapa masalah yang di temukan di lapangan diantaranya soal kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa dalam pengololaan dana yang terbilang besar ini.

“Saya dan pak bupati memang saat ini terus melakukan pengawasan yang sebelumnya telah di canangkan bupati terdahulu yakni Pak Hi Herson Mayulu (H2M) lewat Klinik Desa, sehingga meminimalisir dan mencegah kesalahan dalam pengelolaan Dan Desa,” ujar Deddy.

Untuk memaksimalkan penggunaan Dana Desa, Deddy berharap jika mendapatkan dukungan dari kementerian yakni lewat dukungan pengembangan kapasitas (capacity building) aparat desa.

Atas permintaan Wabup Bolsel tersebut, Direktur PMD, Moh. Fachri SSTP MSi, mengaku akan memaksimalkan Tenagga Pendamping Desa baik pemberdayaan maupun teknis agar dapat terus mengawal pengelolaan Dana Desa.

“Terkait usulan pak Wabub tentu akan kami akan sinergikan. Salam untuk pak bupati,” ucap Fachri.

*Her

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.