Bupati Bolsel Sabet Penghargaan Kepala Daerah Inovativ Tahun 2019

0
365

Bolsel, Inatonreport.Com – Untuk kesekian kalinya, Pemkab Bolsel kembali menerima penghargaan tingkat nasional.

Kali ini, Pemkab Bolsel yang di wakili Wabup Deddy Abdul Hamid, menerima penghargaan Kepala Daerah Inovativ Tahun 2019 Kategori Bidang Lingkungan Hidup.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Dirtjen Otda Kemendagri di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat, Kamis (22/8/2019).

Di kesempatan tersebut, Deddy, mengatakan, penghargaan tersebut merupakan penghargaan kedua yang di terima Pemkab Bolsel.

“Sebelumnya di tahun 2018 di terima oleh bapak Hi Herson Mayulu SIP dengan kategori Sosial Budaya terkait PISB, dan tahun ini kembali diberikan kepada bapak Iskandar Kamaru SPt,” ujar Deddy.

Penghargaan kedua ini merupakan hadiah untuk Pemkab Bolsel karena serius dalam upaya konservasi species endemik Maleo dan hewan-hewan langka secara umum dan konsep Sustainable Development.

“Hal ini sudah dituangkan lewat Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 76 tahun 2018 Tentang Kawasan Pengungsian Satwa, yang merupakan satu satunya di Indonesia,” tambah Deddy.

Deddy menjelaskan, Perbup ini mengatur deliniasi penetapan kawasan APL Tanjung Binerean sebagai koridor pengungsian, terutama satwa burung Maleo.

“Selain itu, ada juga satwa lain seperti penyu hijau, penyu belimbing, tarsius, burung rangkong, buaya, dan satwa lainnya,” terang Deddy.

Terinformasi, turut hadir pada acara tersebut Gubernur Sumatera Barat, Ditjen Otda Kemendagri, Ditjen Kementrian PUPR, para kepala daerah, gubernur, wali kota, bupati se-Indonesia.

*Her

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.