Hutan Kota Jadi Destinasi Wisata Sekaligus Hutan Konservasi

0
651

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Hutan Kota di Kotamobagu terletak di pintu gerbang masuk Kotamobagu. Tepatnya di Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Hutan kota kini menjadi salah satu kawasan strategis wisata. Selain menjadi kawasan wisata, hutan kota juga menjadi wilayah konservasi.

Terdapat beragam jenis tumbuhan dan burung hidup disini. Hutan ini, cocok juga dijadikan tempat belajar bagi siswa selain sebagai tempat refresing.

Tahun ini, hutan kota dimasukkan dalam rencana pengembangan kawasan wisata yang tertuang dalam Rencana Peraturan Daerah tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (RIPPDA).

Kawasan strategis wisata adalah kawasan strategis kota yang merupakan bagian wilayah kota pada penataan ruang diprioritaskan, karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup kota di bidang ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan.

Hutan kota bernilai strategis dilihat dari sudut kepentingan maupun daya dukung lingkungan. Disini, ekosistim dijaga guna kelangsungan hidup flora dan fauna sebagai bagian dari wilayah konservasi. Selain itu, melindungi tata guna air.

Hutan Kota Kotamobagu sebagai salah satu destinasi wisata perlu dijaga kelestariannya. Fasilitas bagi pengunjung juga perlu disiapkan sehingga wisatawan lokal maupun luar dapat menikmati suasana alam dengan nyaman.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.