Pemdes dan Karang Taruna Tutuyan Dua Bersinergi Jaga Keamanan

0
394

Boltim, Inatonreport.Com – Demi menciptakan suasanan kondusif terhadap masyarakat , Pemerintah Desa (Pemdes) Tutuyan 2 dan Pemuda Karang Taruna (PKT) Tutuyan 2, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bersinergi menjaga keamanan desa.

Hal tersebut disampaikan Sangadi (Kepala Desa) Tutuyan 2, Hartono Buntuan kepada awak media ini, Selasa (6/8/19).

”Kami selaku Pemdes, menindaklanjuti usulan dari Pemuda bahwa akan mengaktifkan Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling) Sementara. Guna untuk menjaga ada hal-hal yang tidak diinginkan dan memperkecil ruang bagi palaku-pelaku kejahatan,” tutur Buntuan.

Diakuinya, PKT dan sejumlah aparat desa (RT/RW) bekerja tulus untuk desa dan tidak meminta honor jaga.

”Berhubung kegiatan ini belum diterapkan melalui Peraturan Desa (Perdes), maka dari itu kami selaku pemerintah meminta masyarakat untuk bekerjasama dengan cara membantu dalam segi konsumsi. Dan sampai dengan saat ini, sejak Pos Ronda diaktifkan, sudah banyak masyarakat yang turut berpatisipasi dengan menyumbangkan dana untuk membeli kebutuhan yang diperlukan,” ujarnya.

Pos tersebut tambah dia, tidak monoton kepada kasus pencurian dimasa panen Cengkih.

”Namun bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan semisal ada yang sakit dan harus dilarikan ke Pusat Pelayanan Masyarakat (Puskesmas) terdekat ataupun ada masalah lain, bisa langsung meminta pertolongan ke Pos Ronda,” pinta Buntuan.

Sementara itu, Ketua PKT Tutuyan 2, Fahrul Afero Potabuga mengatakan, pihaknya mengambil langkah tersebut agar masyarakat didesanya bisa terhindar dari orang-orang yang mempunyai niat buruk.

”Kami lakukan ini untuk membantu menjaga keamanan didesa, juga kenyamanan masyarakat terkait maraknya isu-isu pencurian didesa desa,” ungkap Afero.

”tiap malam ada 10 orang yang jaga, 8 dari PKT, dan 2 lainnya adalah aparat desa”.

Kami lakukan ronda pkl 01:00 dan 03:00 pagi, lokasinya pun tidak hanya di Desa Tutuyan 2, namun sebagian wilayah di Desa Tutuyan Induk juga kami masuki.

*

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.