Wabup Boltim Buka Sosialisasi PPK 2019

0
374

Boltim, Inatonreport.Com – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Drs. Rusdi Gumalangit membuka giat Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga (PPK) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boltim. Bertempat di Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, Rabu (21/8/19).

Peningkatan kualitas pendidikan adalah tanggungjawab bersama, bukan hanya pemerintah. Kata Wabup, untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas tidak lepas dari peran keluarga, pemerintah dan masyarakat. ”Lingkungan keluarga sangat berpengaruh dan berperan besar pada kemajuan anak,” ujar Wabup.

Ia meyakini, perilaku dan karakter anak akan terbentuk lewat kebiasaan didalam keluarga, karena anak-anak lebih banyak waktu dilingkungan keluarganya.

”Sehingga, diharapkan kepada para orang tua tidak menyerahkan peranan itu sepenuhnya kepada pemerintah saja,” tegasnya.

Dikatakannya pula, keluarga sangat berperan penting dalam rangka melakukan sosialisasi. Bahkan internalisasi nilai-nilai pendidikan terhadap anak.

”Pendidikan keluarga harus dilaksanakan utamanya dalam bentuk bantuan, bimbingan, penyuluhan dan pengajaran sesuai potensi masing-masing anak. Kalau kualitas mereka saat ini baik, maka yakinlah bahwa kualitas para pemimpin nanti juga akan baik terutama dalam sisi moral,” urainya.

Sementara, Kasubit Kemitraan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementrian Pendidikan Republik Indonesia, Drs. A. Hendra Sudjana M.Ed, menuturkan selain lingkungan masyarakat dan satuan pendidikan, keluarga mempunyai peran penting dalam pendidikan anak untuk mewujudkan generasi emas Indonesia.

”Kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu langkah dalam mendukung perkembangan anak secara optimal,” terang Sudjana.

Terinformasi, program kemitraan antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI denga Pemda Boltim, itu melibatkan 75 orang peserta, ,mulai dari Kepala Sekolah tingkat PAUD, SD, SMP, Pengawas, TP-PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa, serta unsur Disdikbud Kabupaten.

*

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.