Ini Rahasia Kopi Mopira Jaga Aroma dan Rasa

0
569

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Kopi Mopira salah satu produk home industri yang terkenal karena rasa dan aromanya. Kopi ini dihasilkan dari pohon kopi yang ditanam dengan sistim pertanian organik.

Kopi Mopira telah merambah hingga ke seluruh wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo. Lewat jaringan bisnis ritel Indomart dan Alfamart.

Hartopo Pobela pengusaha kopi asal Desa Bilalang I terus menjaga rasa dan aroma kopi.

“Rahasianya ada pada proses pengolahan kopi,” katanya, Senin(2/9), di lapangan Boki Honti Nimbang saat menjaga sten pameran dalam rangka Hari Lansia Nasional.

Hartopo menjelaskan, rahasia pertama ada pada biji kopi. Biji kopi dibeli masih dalam bentuk buah, bukan biji. Alasannya, jika membeli biji kopi dari petani, dikhawatirkan kopi diolah dengan cara diasap bukan dikering matahari. Jika diasap, aroma asap dapat masuk ke biji kopi, katanya.

“Aroma asap dapat merusak rasa,” tambahnya.

Selain itu, untuk menjaga rasa, kopi disangrai dengan waktu tertentu sehingga tidak gosong. Jika gosong dan menjadi arang rasanya akan berubah. Untuk mendapatkan rasa yang pas, biji kopi hasil sangrai berwarna kuning,terangnya.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.