Bupati Boltim Ingin Insan Pers dan Pemerintah jadi Mitra yang Proporsional

0
552

Boltim, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar SH, berharap insan Pers dapat menjadi mitra pemerintah yang baik dan proporsional.

Menurutnya, wartawan adalah kinerja yang mulia, juga pembawa informasi kepada masyarakat (publik).

“Pers juga menjadi pilar penentu. maju mundurnya pembangunan di negeri ini, ada di pers, mulai dari pemberitaan, publikasi yang nantinya prodak kalian menjadi konsumsi masyarakat,” jelasnya.

Dengan adanya kebebasan Pers di Indonesia, kata Bupati, fungsi media massa atau pers tentunya sangat begitu penting dalam kehidupan berdemokrasi di negeri ini.

“Pers pada hakekatnya berfungsi sebagai alat kontrol sosial dalam dunia demokrasi. Fungsi Kontrol sosial tersebut tentunya semakin menguatkan peran dan fungsi pers dalam masyarakat, karena dalam iklim demokrasi pada saat ini Pers adalah Pilar ke-4 demokrasi setelah lembaga Eksekutif (Pemerintahan), Legislatif (DPR/Parlemen), dan Yudikatif (Lembaga Hukum),” jelas Sehan saat bersua dengan awak media Senin, (4/11/2019).

Dirinya juga berharap Pers harus proporsional dalam pemberitaan harus berimbang, gunakan bahasa yang baik, jelas, dan lunak.

“jangan memuat berita yang memancing keganduhan masyarakat. Pers bertanggung jawab untuk meredam isu-isu yang dapat memicu kekacauan, apabila terjadi gangguan stabilitas di lapangan.

Kata Sehan, jika memberitakan yang hoax, atau kalimat yang mendiskriminasi seseorang, dan atau, informasi yang belum bisa dihukumi kebenaranya, akibatnya banyak seperti, ganguan ekonomi kemasyarakatan, dan kestabilan Kamtimas, sampai dampak sosial pada publik.

*

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.