Akhir Februari Pemdes Kotsel Targetkan semua Warga Nikmati Air Bersih

0
414

Boltim, Inatonreport.Com – Ada asa yang terpendam di benak warga Kotabunan Selatan (Kotsel), Kecamatan Kotabunan. Mereka rindu bisa menikmati air bersih. Sebuah kebutuhan penting dalam hidup keseharian masyarakat.

Sungguh beruntung, apa yang telah lama didamba itu boleh terjawab. Kini masyarakat boleh merasakan ketersediaan sarana itu. Air bersih yang didambahkan warga Kotsel sudah mulai mengalir.

Saat bersua dengan sejumlah wartawan, Sangadi (Kepala Desa) Kotsel, Rengga Paputungan berkisah tentang wajah warganya yang kini sumringah.

“Meski belum semua masyarakat menikmati air bersih, namun sebagian warga sudah menikmatinya. Seperti di Dusun Dua, air sudah mengalir di rumah-rumah warga,” kata Rengga, Sabtu (1/2).

“Target kami, akhir bulan Februari jaringan air sudah terpasang semua di rumah-rumah warga,” sambungnya.

Disebutkan, dana yang dipakai untuk penyediaan air bersih itu bersumber dari bantuan pusat melalui Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sebesar Rp 280 juta, “Kemudian ada dana sharing yang kami tambah. Jadi total anggarannya berjumlah 330 juta rupiah,” beber Sangadi Rengga.

Terkait pengelolaan air bersih tersebut, Sangadi menjelaskan jika akan ada kelompok khusus yang ditunjuk.

“Cara pengelolaannya, nanti ada yang ditunjuk sebagai pengelola. Dan soal biaya air, jika pemakaian air 0 sampai 10 kubik, itu tidak dipungut biaya. lewat dari situ akan dikenakan biaya tapi masih akan dimusyawarahkan dulu,” terangnya.

Rengga menambahkan, untuk menjawab harapan masyarakat terkait air bersih melalui Pamsimas, pihaknya akan mempercepat pengerjaan proyek ini.

“Antusias masyarakat dengan adanya bantuan Pamsimas ini cukup tinggi. Makanya mereka datang ikut bekerja karena harapan besar Pamsimas ini bisa cepat selesai, sehingga mereka bisa menikmati sumber air bersih langsung di rumah-rumah,” ungkapnya.

Sangadi termuda di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) ini mengucapkan terima kasih kepada warga yang sudah berkomitmen dengan Pemdes Kotsel dan Bupati Boltim serta Pamsimas.

“Dengan hasil musyawarah bersama, hari ini air sudah jalan. Jadi tolong dijaga sampai anak cucu. Karena air bersih ini masyarakat juga yang minta. Kepada pihak Pamsimas saya sangat berterima kasih. Juga kepada bupati yang selalu mendorong kami, saya sangat berterima kasih,” ucapnya, sembari berharap ke depan pengguna air bersih dapat menjaga serta merawat instalasi air yang masuk ke wilayah Kotabunan Selatan.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.