Launching Pilkada Boltim, Obor Berbentuk Angka 23-09-2020 Dinyalakan

0
401

Boltim, Inatonreport.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) resmi melaksanakan Launching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 pada Selasa (18/02/2020) malam.

Kegiatan turut di hadiri langsung oleh Komisioner KPU Pusat membidangi Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Diklat dan Litbang Ilham Saputra, sekaligus menyaksikan Maskot Pilkada 2020 yang diperkenalkan oleh KPU Boltim.

Digelar di desa tutuyan kecamatan tutuyan tepatnya dilapangan Pondabo
Kegiatan launching Pilkada 2020 ini dihadiri oleh Komisioner KPU RI, Ketua KPU Provinsi Sulut Ardiles Kabupaten/Kota se-Sulut, Bawaslu Boltim, Anggota DPRD Sofyan Alhabsy, Asisten I Pemkab Boltim Priamos, Kaban Kesbangpol Boltim Udel Simbala, Kaban BPBD Elvis Siagian, Mewakili Kemenag Boltim, Wakapolres Boltim Kompol, Muhammad S. Monoarfa, Perwira penghubung, Sekretaris Dinas BTPSP Stenli Budiman, Camat Tutuyan, Para Sangadi se-Kecamatan Tutuyan, Imam dan Pendeta, hingga Masyarakat Boltim.

Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Irot, mengucapkan selamat datang kepada Komisioner KPU Pusat sudah berkenan hadir, meskipun di tengah-tengah kesibukan yang sangat padat tetap meluangkan waktu untuk hadir pada kegiatan launching Pilkada KPU Boltim.

“Selain itu ucapan terima kasih kami kepada KPU Provinsi serta rekan-rekan Komisioner KPU dari Kabupaten/Kota se-Sulut. Dari hati yang dalam, kami merasa bangga launching Pilkada Boltim tahun 2020 ini kami katakan sukses karena di hadiri oleh KPU Pusat, KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota,”ucap Rahman.

Sementara itu, Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan, KPU akan melaunching semua tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati meskipum sebelumnya tahapan-tahapan sudah dilaksanakan.

Menurutnya, pada prinsipnya Pilkada 2020 ini merupakan Pilkada serentak terakhir.

Lanjut Saputra, pihaknya dalam hal ini KPU siap melaksanakan dan menyelenggarakan semua tahapan demi tahapan pilkada tentunya harus disuport baik oleh pihak masyatakat, forkompinda hingga Bawaslu.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada bantuan atau kerja sama dari pihak terkait yang terlibat dalam penyelenggara dalam pelaksanaan Pilkada, ” ujarnya.

Kata dia, prinsipnya KPU sangat terbuka terhadap informasi yang ada kaitannya dengan sistem penyelenggaraan tahapan Pilkada pada tahun 2020.

“Jika bapak dan ibu ingin minta informasi bisa datang langsung ke kantor KPU Boltim yang berkaitan dengan tahapan Pilkada, kami dari KPU selalu terbuka,”kata Saputra.

Menurutnya, selama ini penyelenggaraan Pilkada sudah berjalan dengan baik, meski awalnya pada tahun sebelumnya sedikit masalah, kemudian tahun 2017 tak ada masalah hingga pada tahun 2018.

Ia pun mengajak, masyarakat untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

“Masyarakat bisa juga melaporkan jika ada potensi kecurangan atau ada potensi pelanggaran yang di lakukan oleh pasangan calon dan atau yang di lakukan oleh penyelengaraan pemilu,” tegasnya.

Bupati Boltim Sehan Landjar di wakili Asisten I Pemda Boltim Priyamos menyampaikan sambutan Bupati menyampaikan harapan bahwa pelaksanaan Pilkada ini dapat berlangsung secara demokrasi dan transparan.

“Kami tahu bersama ada hal-hal yang patut untuk di sikapi dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini. dimana penyelenggara di tuntut harus memilliki integritas, harus memiliki profesional, dan memahami terkait dengan manajemen tata kelola dari pada pelaksanaan pemilukada tersebut. tentu hal ini menjadi tantangan bagi kita semua sehinggah kita akan melaksanakan ini secara sinergitas,”harap Priyamos.

Namun kata dia, Kami memahami bahwa KPU juga harus di dukung oleh Pemkab. Hal ini diwujudkan melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang sudah diserahkan kepada KPU Boltim.

Launching ini ditandai dengan menyalakan obor yang berbentuk angka, sebagai bukti nyata bahwa KPU Boltim siap mensukseskan Pilkada Boltim tahun 2020.

“Jumlahnya memang tidak maksimal yang di usulkan oleh KPU tetapi telah melalui pembahasan-pembahasan. Dari pihak KPU juga memahami kondisi kami dari Pemda Boltim sehinggah diputuskanlah angka yang memang cukup rasional dan masuk bagi penyelenggara dalam hal ini KPU Boltim,”kata Priyamos.

Ia menambahkan. Dengan maskot KPU Boltim yang sudah di tampilkan dengan nama Si Bolang dan Si Awang ini menandakan bahwa kesiapan KPU Boltim dapat bersama dengan masyarakat mensukseskan Pilkada Boltim 2020 secara aman, tertib dan transparan.

Launching Pilkada Boltim tahun 2020 tersebut di tandai dengan menyalakan obor yang berbentuk angka 23-09-2020 merupakan jadwal hari tanggal tahun pelaksanaan pilkada secara serentak termasuk di Kabupaten Boltim.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.