Pemkab Bolmong Gelar Tiga Agenda Penting dalam Sehari

0
382

Bolmong, Inatonreport.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar tiga agenda penting, dan rapat bersama dengan camat dan kepala desa se-Bolmong secara online, bertempat di Kantor Bupati, Lolak, Rabu (22/4/2020).

Tiga agenda tersebut yakni Musrenbang RKPD Tahun 2021, Rapat Paripurna DPRD dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Bolmong Tahun Anggaran 2019.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, didampingi Wakil Bupati Yanny R Tuuk, Sekda Tahlis Gallang, para asisten, dan pimpinan OPD, serta dari Bappeda Provinsi Sulawesi Utara.

Melalui Video Conference (Vicon), Yasti, menyampaikan, bahwa Musrenbang kali ini sudah berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

“Musrenbang RKPD ini merupakan hal penting, karena memuat prioritas pembangunan daerah serta pagu pendanaan indikatif berdasarkan fungsi perangkat daerah,” ujar Yasti.

Yasti berharap, Musrenbang RKPD Tahun 2021 kali ini, juga menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan di daerah, untuk merumuskan berbagai program dan kegiatan yang berkualitas, transparan dan akuntabel.

Usai pelaksanaan Musrenbang RKPD, Yasti, melanjutkan Vicon Rapat Paripurna DPRD, dengan agenda penyampaian LKPJ Bupati Bolmong Tahun Anggaran 2019.

Menurut Yasti, bidang ekonomi merupakan salah satu unsur keberhasilan dalam pembangunan.

“Tingkat perekonomian Kabupaten Bolmong terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2014 tumbuh sebesar 5,56%, kemudian di tahun 2015 naik menjadi 5,82%. Tahun 2016 kembali mengalami peningkatan menjadi 6,64%, bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Utara yang pada tahun 2016 Lalu Sebesar 6,17%. Kemudian di tahun 2017 kembali lagi mengalami peningkatan menjadi 6,68%, dan hingga Tahun 2018 terus mengalami peningkatan menjadi 7,50%. Sementara tahun 2019 lalu menjadi 7,89% atau di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara,” jelas Yasti.

Agenda terakhir, Yasti melakukan Vicon dengan 15 camat dan 200 kepala desa se-Kabupaten Bolmong, terkait penanganan Covid-19, dan program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Pembahasan tersebut berinti tentang penyesuaian APBDes 2020 tentang penyaluran BLT yang bersumber dari Dana Desa, bantuan Pemkab Bolmong, serta pembahasan pelaksanaan tarawih pada Bulan Ramadhan.

“Dalam mengahadapi Covid-19 pemerintah desa hingga kecamatan untuk terus proaktif melakukan kegiatan dengan mengedepankan protokol kesehatan dengan tetap memperhatikan surat edaran yang ada,” terang Yasti.

*Adve/Rid

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.