Bupati Boltim Resmikan BUMDes Mart Lonsiow Motongkat Utara

0
377

Boltim, Inatonreport.COm – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH, resmikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mart Lonsiow Desa Motongkad Utara, Kecamatan Motongkad, pada 08/06/2020.

Dalam sambutannya Eyang sapaan akrab bupati Boltim mengatakan, Bumdes perlu ditingkatkan.

“Di Boltim, baru di Desa Motongkad Utara ini yang mendirikan BUMDes Mart,” ujar Eyang. Eyang mengungkapkan pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara Koorperatif, Partisifatif, Emansipatif, Transparansi, Akuntabel dan Sustaniabel.

“Perlu ada upaya serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut sang motivator boltim ini menyampaikan, bahwa pembangunan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan.

“harapannya pertumbuhan BUMDes ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri. Pembangunan ekonomi bukan dari kota ke desa, melainkan harus mengembangkan dari desa ke kota, itu yang disebut dengan ekonomi kerakyatan,” Ungkapnya.

Bumdes-Bumdes ini akan menjadi ikon-ikon pertumbuhan ekonomi daerah.

“Karakter dengan potensi daerah harus dikembangkan dengan pola ekonomi,” ucapnya.

Tidak hanya menginginkan keberadaan BUMDesMart semakin diperbanyak, Bupati juga meminta, BUMDes Mart juga dikelola secara profesional.

“Produk yang dijual, Tentu harus dikemas dengan baik dan kualitas produknya harus premium,” ujarnya.

Dengan prinsip 3 M, (Manusia, Manajemen, Modal) dan tentunya pengelolanya harus punya integritas yang mampu secara manajerial Bupati juga menyarankan, agar Bumdes Mart tidak membunuh usaha kios kios di masyarakat juga papan identitas usaha untuk BUMDes Mart agar dibuat semenarik mungkin, dengan tulisan, warna, dan logo yang harus bercirikan Boltim, serta ditempatkan di titik yang tepat agar mudah terlihat.

Tak hanya itu, Ia juga meminta disediakan tempat duduk dan meja untuk pengunjung.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.