Pemkab Boltim Gelar Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

0
309

Boltim, Inatonreport.Com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mogondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, (PUPR) bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar melaksanakan pembekalan dan uji sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi.

Agenda yang dilaksanakan di lantai III kantor Bupati Boltim itu, dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka, Selasa (11/8/2020). Dalam sambutannya, Warokka mengatakan, selaku pemerintah daerah, ia mengapresiasi kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Kabupaten Boltim.

Menurutnya, sudah menjadi keharusan di era sekarang seorang tenaga kerja memiliki keterampilan bersertifikasi untuk mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

“Sertifikasi kompetensi dilakukan untuk menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia,red) atau tenaga kerja konstruksi berkualitas. Hal itu sebagaimana tertuang pada Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 70 yang mengatur bahwa setiap pekerja konstruksi yang bekerja di sektor Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja,” kata Waroka.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kabupaten Boltim Ari Purwadi Mokoginta mengukapkan, bahwa pekerja konstruksi yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi itu adalah para tukang.

“Seperti tukang kayu, tukang batu, tukang pasang keramik, tukang pasang plafon, tukang pasang baja ringan dan tukang instalasi listrik di Kabupaten Boltim,” ungkapnya.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.