Air Sungai Surut, Warga Poyowa Besar Dulang Emas

0
402

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Warga Poyowa Besar, Kotamobagu Selatan,Sulawesi Utara,denga  kondisi sungai Moayat yang saat ini dalam keadaan surut, sebagian warga Poyowa Besar melakukan aktifitas mendulang untuk menambang emas.

Yang sudah ramai dilakukan warga sejak sebulan yang lalu, dengan adanya masa pandemi Covid-19 ini,Sungai Moayat ini berpotensi untuk menambah penghasilan sehari -hari.

Muhidin salah satu warga  yang saat itu sedang mendulang mengatakan, dalam sehari paling sedikit ia mendapatkan 1 batang emas,paling banyak 2 batang emas dengan kadar emas 70%.

muhidin mendulang hanya disaat mengisi waktu kosong saat tidak berpergian ke kebun, sehingga waktu yang kosong, ia gunakan untuk mendulang di sungai Moayat

awalnya tidak memahami bagaimana cara mendulang ini ,namun pernah ia melihat ada beberapa orang dari luar kampung datang dan melakukan mendulang di sungai Moayat ini.

Kemudian ia mempelajarinya

Dengan menggunakan alat sederhana, seperti wajan dan penyaringan.

Yang pertama dilakun yakni dengan mengaruk batu dan pasir di Sungai itu kemudian menyaringnya.

Kemudian pasir berukuran kecil tersebut dimasukan ke penyaringan atau alat pendulang dan kemudian kembali disaring dengan air.

Setelah itu butiran emas yang berada di antara pasir hitam akan terlihat.

Lumayan untuk penghasilan seehari -hari bisa melebihi dari cukup,kalau diuangkan paling rendah bisa mencapai Rp.50.000.

Dalam sehari bisa mendapatkan antara 1 hingga 2 batang emas dan tidak hanya warga setempat yang datang mendulang mencari emas di sungai moayat ini.

Namun dari desa lain juga datang dan ikut mendulang saat mengetahui terdapat emas di sungai moayat.

*Nux

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.