Babinsa Laksanakan Komsos Bersama Petani Desa Maelang

0
363

Bolmong, Inatonreport.Com – Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang Sertu Jenzon Wowor melaksanakan Komsos atau Komunikasi Sosial dengan Petani dan memantau perkembangan tanaman padi dan ketersediaan air dari aliran irigasi di Desa Maelang Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis (07/01/2021).

Mendampingi petani merupakan salah satu tugas Babinsa yang merupakan kegiatan upaya khusus (upsus), guna mendukung program Ketahanan Pangan Nasional.

Pada pelaksanaan kegiatan Komsos Babinsa dengan petani serta memantau perkembangan tanaman padi pada fase Pertumbuhan Vegetatif serta ketersediaan air yang merupakan suatu bentuk kebutuhan.

Babinsa Sertu Jenzon Wowor menjelaskan, bahwa pada Fase pertumbuhan vegetatif mencakup pertumbuhan akar, batang, dan daun.

“Dalam fase ini tanaman memerlukan banyak cadangan makanan (karbohidat) yang akan dirombak menjadi energi untuk pertumbuhan, di fase inilah harus di pupuk dan ketersediaan air harus cukup,” ucap Babinsa.

Bapak Anto pemilik lahan menjelaskan, bahwa tanaman padinya sudah berumur sekitar 25 hari dengan varietas Ciherang dan sudah memasuki tahap pertumbuhan.

”Alhamdulillah perkembangan pertumbuhan tanaman padi kami cukup baik, hal ini karena selain perawatan yang maksimal juga karena ketercukupan akan adanya kebutuhan air,” tuturnya.

Diakhir komsosnya Babinsa mengajak petani apabila ada kendala, permasalahan dilapangan agar dikoordinasikan dengan Babinsa dan PPL sehingga dapat di selesaikan.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.