Gerak Cepat Babinsa Bantu Warga Terdampak Banjir Di Desa Bakan

0
327

Bolmong, Inatonreport.Com – Bencana alam banjir kembali merendam beberapa rumah warga di Desa Bakan dan Desa Mopusi Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis (14/01/2021) sore.

Banjir disebabkan hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur di Wilayah tersebut pada sore hari sekitar Pukul 16.30 Wita, dan merendam rumah warga Desa Bakan sekitar 35 rumah dengan ketinggian air diperkirakan mencapai 10 sampai 40 cm.

Untuk di Desa Mopusi yang terendam banjir sekitar 6 rumah dengan ketinggian air mencapai 10 sampai 40 cm.

Dari pantauan, Terlihat kepedulian Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Serda Udin, dengan sigap dan cepat langsung ke lokasi banjir dan membantu warga di Wilayah binaannya yang rumahnya terendam air.

Sementara itu, Danramil 1303-04/Lolayan Kapten INF Sardi Oni Mamonto SH membenarkan kejadian itu. Ia menyebutkan, pada Kamis sore ini, angin kencang disertai curah hujan sangat lebat, sehingga mengakibatkan terjadinya banjir di Desa Bakan dan Desa Mopusi.

“Pada sore tadi hujan lebat, kemudian karena warga yang bermukiman di daerah dataran rendah, sehingga sejumlah rumah warga di Desa itu tergenang air, yang mengakibatkan air masuk kedalam rumah,” ucap Danramil.

Namun setelah hujan reda, personel Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Serda Udin membantu warga setempat menguras air yang masuk kedalam rumah dan membersihkan sisa lumpur yang tertinggal.

“Rumah yang tergenang air ada sebanyak 35 rumah untuk Desa Bakan dan Desa Mopusi sebanyak 6 rumah, dan saat ini warga yang rumahnya tergenang air sudah kembali ke rumah masing-masing,” katanya.

Danramil Lolayan menghimbau kepada warga yang rumahnya terendam banjir agar tetap berhati-hati dan kepada masyarakat yang melintas di jalan agar berhati-hati saat berkendara dan selalu waspada apabila curah hujan semakin tinggi.

Selain itu, Koramil 1303-04/Lolayan telah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) bersama Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, untuk memonitor perkembangan di wilayah dalam penanggulangan bencana.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.