Prabinsa Koramil 1303-02/Passi Bersama Petani Panen Bawang

0
387

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Selain melaksanakan pendampingan Upsus padi, jagung dan kedelai (Pajale) yang menjadi prioritas pemerintah dalam program Ketahanan pangan. Prajurit Pembina Desa atau Prabinsa Koramil 1303-02/Passi Prada Jati Katili juga melaksanakan pendampingan panen Bawang Merah.

Salah satunya kepada Kelompok petani di Kelurahan Mongkonai Induk Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu, Selasa (02/02/2021).

Kegiatan panen bawang merah berada di areal lahan milik Bapak Asri Kadir dilahan seluas 1,5 hektar. Dari lahan tersebut menghasilkan panen bawang merah dengan profitas sekitar 80 ton.

Prada Jati Katili mengatakan, selain tanaman padi, jagung, kedelai (pajale) yang menjadi prioritas dalam suksesnya program Ketahanan pangan, diwilayah binaannya juga terdapat berbagai tanaman lain seperti bawang merah juga menjadi komoditi didaerah tersebut. Hal ini menjadi sumber penghasilan dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

”Dengan adanya kegiatan panen bawang merah ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi petani lainnya untuk terus bersemangat dalam mengolah sawah dan meningkatkan hasil panennya,” ujar Prada Jati.

Lebih lanjut, Prabinsa menambahkan bahwa petani dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan lahan pertanian, para petani tidak hanya terfokus pada tanaman padi, jagung dan kedelai saja namun harus bisa memanfaatkan dengan baik lahan yang kosong dengan tanaman alternatif yang sesuai dengan kondisi cuaca di wilayah tersebut.

”Hal ini bertujuan pada tercapainya ketahanan pangan, sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan memenuhi bahan kebutuhan pokok dan membeli dengan harga yang sangat tinggi khususnya pada komoditi bawang merah,” tutur Prabinsa.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.