Bolmong Dukung Program Langit Biru Pertamina

0
237

Bolmong, Inatonreport.Com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow mendukung penuh Program Langit Biru (PLB) yang dilaksanakan Pertamina.

Program ini, ujar Kepala Dinas Perdagangan dan ESDM Bolmong Ramlah, merupakan program edukasi yang dilaksanakan Pertamina sebagai upaya percepatan implementasi peraturan Menteri Lingkungan Hidup, Selasa (22/6/2021).

Lebih lanjut katanya,” Hal ini merupakan upaya pengendalian mutu emisi gas buang kendaraan bermotor sebagai akibat menggunakan bahan bakar dengan Research Octane Numer (RON) rendah.”

“Dimana RON memiliki kandungan sulfur tinggi dan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan modern,” kata Ramlah

Program Langit Biru telah dimulai di beberapa daerah sejak tahun 2020. Program ini mendapat tanggapan baik. Kini akan dilaksanakan di Sulawesi Utara didalamnya Kab.Bolmong.

PLB adalah bagian program Nasional yang harus menjadi tanggung jawab bersama dan dilaksanakan dengan baik.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow melalui Kadis Perdagangan dan ESDM mengajak masyarakat berkontribusi langsung mengurangi dampak emisi gas buang kendaraan bermotor terhadap kesehatan lingkungan.

Juga mendorong menggunakan BBM dengan angka RON 90 yang sesuai dengan spesifikasi mesin moderen. Ketimbang BBM dengan angka RON 88 dengan kandungan sulfur yang tinggi, ujar Ramlah.

Selanjutnya dengan mengambil peran dalam penggunaan RON 90 tersebut ikut mendukung udara dan lingkungan di Bolmong yang bersih sehingga terciptanya udara dan langit yang bersih.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.