Camat Passi Timur Usul Perbaikan Jalan Manembo-Sinsingon

0
361

Bolmong, Inatonreport.Com – Ruas jalan antara Desa Manembo dengan Desa Sinsingon, Kecamatan Passi Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow memprihatinkan. Pasalnya di ruas jalan tersebut terdapat beberapa titik yang mengalami longsor.

Daerah longsornya pun cukup dalam. Diperkirakan sedalam lebih dari 100 meter, ungkap Camat Passi Timur Dani Rorimpandey pada Rapat Pembahasan Trayek Batas Kawasan Hutan, Rabu(2/6).

Dani pun mengusulkan agar ruas jalan ini mendapat perhatian, apalagi ruas jalan ini masuk dalam kawasan hutan lindung.

Usulan tersebut dapat disetujui ujar Asisten I Setda Bolmong, Deker Rompas. “Asalkan tidak melebihi luas 5 Hektar sebagaimana disampaikan Kepala BPKH Wilayah VI Pernando Sinabutar,” ujar Deker.

Perlu diketahui, salah satu wilayah yang menjadi sasaran perubahan RTRW Provinsi Sulut adalah kawasan hutan Gunung Ambang. Sedangkan, ruas jalan yang diusulkan untuk diperbaiki atau diperlebar berada di kaki Gunung Ambang.

Menurut Dani, jika harus dibuatkan tanggul maka akan memakan biaya yang cukup besar, dengan kedalaman seperti itu. Alternatif yang cukup baik adalah dengan mengambil sebagian pinggiran jalan yang merupakan kawasan hutan.

Lampu hijau diberikan Kepala BPKH Wilayah VI, asalkan tidak melebihi 5 Hektar. Izinnya tidak akan lama karena tidak sampai ke Kementerian Kehutanan, hanya sampai ke Gubernur.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.