PJU Lolak Pakai Listrik Prabayar

0
233

Bolmong, Inatonreport.Com – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bolaang Mongondow telah menguji coba lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang baru di meridian jalan trans Sulawesi, Lolak.

Setelah diuji coba beberapa kali, hasilnya sangat memuaskan. Semua lampu yang berjumlah 137 titik dengan dua mata lampu sebelah kanan dan kiri sehingga total berjumlah 274 mata lampu semuanya menyala dengan indah.

Menurut Kepala Dinas Perkim Hendra Hamim, Jumat (13/8/2021), PJU Lolak menggunakan listrik prabayar sehingga lebih menghemat biaya listrik dibanding dengan kontrak daya.

“Jika menggunakan kontrak daya, meski lampunya mati tetap harus bayar. Sehingga dengan prabayar akan lebih hemat, karena jika lampu mati dayanya tidak terpakai,” terangnya.

Lampu PJU di Bolmong masih menggunakan kontrak daya dan ini cukup membebani anggaran pengeluaran daerah. Setiap tahunnya saja, anggaran yang disiapkan untuk PJU mencapai Rp 3 miliar lebih.

Dengan diubahnya beban biaya listrik dari kontrak daya ke pra bayar akan menghemat anggaran Pemkab Bolmong. Penghematan tersebut dapat dialokasikan untuk membiayai program Pemkab Bolmong lainnya yang lebih menyentuh kebutuhan rakyat.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.