Inspektorat Bolmong Hadirkan “Kedai Kopi” Sistim Pelayanan Terbaru

0
416

Bolmong, Inatonreport.Com – Inspektorat Bolmong kini memiliki sistim pelayanan terbaru yang dinamai “Kedai Kopi Inspektorat”.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Tahlis Gallang berkenan me-launching sistem “Kedai Kopi Inspektorat”, Selasa (7/9/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor Bupati Bolmong tersebut, selain launching sistem juga dilaksanakan penyerahan laporan hasil zonasi atas analisis kinerja SKPD terintegrasi (Akselerasi).

Tahlis dalam penyampaiannya memberikan apresiasi atas kinerja Inspektorat. Terutama upayan Inspektorat dalam meningkatkan kualitas pengawasan terhadap SKPD serta membangun etos kerja melalui aplikasi sistem Kedai Kopi.

Dia mengatakan, “Inspektorat bertanggungjawab untuk melakukan pendampingan dan pengawasan bagi SKPD yang masih berada di zona kuning dan merah.”

Sehingga, katanya, SKPD tersebut bisa meningkatkan kinerjanya. Bagi SKPD yang berada di zona kuning dan merah agar lebih mempercepat langkah akselerasinya dalam mencapai visi misi pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Bolmong Rio Lombone mengatakan Launching sistem Kedai Kopi merupakan wadah atau tempat pelayanan untuk kita semua bisa berdiskusi atau bertanya kepada Auditor.

“Kita bisa bertanya seputar Pengawasan, yakni proses menetapkan ukuran kinerja, pengambilan tindakan dan dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan kinerja yang telah ditetapkan tersebut,” kata Rio

Dia menambahkan,di Kedai Kopi kita juga bisa Konsultasi dalam konteks kegiatan Audit intern. Dimana memiliki orientasi yang sama yaitu memberikan saran ahli, bukan berupa opini.

Rio menyambung disamping sebagai tempat konsultasi juga memberikan bantuan penasehatan kepada suatu organisasi, kelompok, masyarakat, keluarga atau individu.

Bantuan diberikan oleh seseorang atau suatu tim yang memiliki pengetahuan, keterampilan, kualifikasi yang memadai, lanjut dia.

Selain itu Rio juga menjelaskan bahwa di Kedai Kopi bisa dilakukan pengendalian Intern. Pengendalian yang dia maksud, yakni melalui kegiatan audit, reviu, penilaian, evaluasi, verifikasi, pengujian dan pemantauan atau monitoring.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.