DPRD Kotamobagu Terima Kunjungan Sekretariat DPRD Manado Terkait SIPD dan SIMDA FMIS

0
184

KOTAMOBAGU, Inatonreport.Com – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Kotamobagu menerima kunjungan kerja pejabat dan staf dari Sekretariat DPRD Kota Manado, pada Jumat (4/3/2022).

Kunjungan kerja Sekertariat DPRD Manado tersebut berkaitan dengan koordinasi penggunaan aplikasi SIPD dan SIMDA FMIS.

Kunjungan itu dipimpin Kepala Sub Bagian Keuangan DPRD Kota Manado. Kedatangan mereka disambut Sekretaris DPRD Kota Kotamobagu yang diwakili Kasubag Keuangan Ruslandi Mongilong serta beberapa staf lainnya.

Usai menjamu tamu dari Sekretariat DPRD Kota Manado, Ruslandi mengatakan maksud dari kunjungan tersebut. Maksud kunker adalah saling koordinasi menyangkut sinkronisasi penerapan dan penggunaan sistim keuangan melalui Sistim Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

“Ada banyak hal yang menjadi pembahasan dalam pertemuan tadi. Di antaranya, mengenai penggunaan SIPD dan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Financial Management Information System (FMIS),” ungkap Ruslandi, saat ditemui usai menerima kunjungan.

Ruslandi menambahkan, SIPD adalah bagian dari pengimputan awal anggaran, dan juga backup sistem anggaran.

“Namun, nantinya dalam proses pengimputan anggaran kas dan proses pencairan anggaran melaluai SIMDA FMIS,” ujarnya.

Lebih lanjut Ruslandi memaparkan, latar belakang penerapan aplikasi SIPD dan SIMDA karena pentingnya pelaporan keuangan yang akurat dan
transparan.

“Penggunaan apilkasi SIPD dan SIMDA memudahkan proses pengelolaan keuangan di Sekretariat DPRD Kota Kotamobagu, sehingga tidak secara manual lagi,” lanjut dia.

“Penerapan apilikasi ini sangat membantu kami dalam menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Selain kebutuhan internal, sekretariat juga harus menyediakan dana untuk menunjang kinerja anggota DPRD,” paparnya.

Penerapan SIPD dan aplikasi SIMDA keuangan dapat mempercepat kinerja serta mempermudah pihaknya dalam pengelolahan keuangan hingga pelaporan akhir tahun.

“Dengan adanya aplikasi SIMDA kamidi Sekretariat DPRD Kota Kotamobagu dapat meminimalisir kesalahan perhitungan anggaran,” tutur Ruslandi

Dia menambahkan, ada beberapa poin penting juga yang dibicarakan dalam kunjungan Sekretariat DPRD tersebut.

“Intinya kami saling berbagi pengetahuan dan saling memberi implementasi modul FMIS yang sudah diterapkan di Sekretariat DPRD Kota Kotamobagu,” katanya.

Sementara itu, salah satu perwakilan Sekretariat DPRD Manado menyampaikan  apresiasi dan terima kasih kepada pihak Sekretariat DPRD Kota Kotamobagu.

Sementara itu, Armand salah satu staf DPRD Kota Manado, menyebutkan, “Adasejumlah masukan yang kami dapat dalampertemuan tadi. Nantinya akan disinkronkan dengan aplikasi yang telah kami terapkan.”

“Terima kasihatas sambutan yang sangat luar biasa dari Sekretariat DPRD Kota Kotamobagu. Masukan – masukan serta kelemahan – kelemahan dari FMIS yang kami terapkan akan menjadi referensi kami ke depan,” kata Armand.

Advertorial/Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.