Kunjungi Kodim Bolmong, Brigjen TNI Wakhyono Disambut Adat Itum Itum

0
242

KOTAMOBAGU – – Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono S.Sos., M.I.P yang didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka Ny. Ning Untari Wakhyono melaksanakan Kunjungan Kerja perdana di wilayah Kodim 1303/Bolaang Mongondow, Selasa (20/06/2023).

Setibanya di Makodim Bolmong, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono beserta rombongan disambut langsung oleh Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker, S.Sos serta jajar kehormatan dan pengalungan kain khas Bolmong “Bentenan” kepada Bapak Danrem dan pemberian buket bunga kepada ibu Ketua Perdit KCK Koorcab Rem 131 oleh anak-anak putra dan putri prajurit yang dilanjutkan dengan penyambutan adat itum-itum.

Perlu diketahui, penyambutan secara itum-itum merupakan salah satu kearifan lokal di Bolaang Mongondow acara adat itum-itum merupakan acara adat menyambut orang atau pejabat baru yang berkunjung ke Bolaang Mongondow yang berisikan Doa yang disampaikan dengan bahasa daerah yaitu bahasa Mongondow.

Kemudian Danrem 131/Santiago, berfoto dengan Dandim 1303/BM bersama Perwira staf dan Danramil jajaran beserta ibu-ibu Persit dilanjutkan menerima paparan dari Dandim 1303/Bolmong yang bertempat di ruang data, dimana Dandim Bolmong menjelaskan kondisi wilayah Kab. Bolmong Raya yang meliputi keadaan geografi, demografi dan Konsos serta dislokasi satuan jajaran Kodim 1303/BM.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono S.Sos., M.I.P memberikan arahan kepada Personel dan PNS serta Persit Kodim 1303/Bolaang Mongondow yang dipusatkan di lapangan tengah Makodim 1303/Bolmong.

Arahan Danrem 131/Santiago dimulai dengan perkenalan dirinya kepada seluruh anggota. Selanjutnya Danrem berpesan kepada seluruh jajaran yang berdinas di Kodim Bolmong untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT di dalam melaksanakan tugas.

“Danrem 131/Santiago memberikan motivasi dan mengajak anggota agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Hindari sekecil apapun pelanggaran, selalu bersyukur terhadap apa yang telah dimiliki, ikhlas dan sabar dalam menjalankan tugas, karena semuanya sudah diatur. Adapun rejeki akan selalu mengikuti di manapun kita berada dengan selalu bersyukur,” ujar Danrem.

Sayangilah keluarga di manapun berada, laksanakan komunikasi yang baik dengan keluarga dan lebih bijak terkait perkembangan media sosial, agar kita tidak ketinggalan. Banyak informasi yang bisa didapatkan dan dimanfaatkan dengan baik ketika kita menggunakan media sosial, tetapi media sosial juga bisa berdampak positif dan bisa juga berdampak negatif.

“Pesan saya, kita harus bisa membina keluarga dengan baik. jadilah suri tauladan, dan juga perhatikan dunia pendidikan, karena pendidikan sangat penting, berikan kepedulian dan contoh-contoh yang baik kepada keluarga, istri dan anak,” ucap Danrem.

Diakhir arahannya, Danrem 131/Santiago mengatakan Persit harus mendukung tugas suami dan untuk saat ini TNI masih menempati peringkat pertama atas kepercayaan masyarakat dan itu semua berkat kerjasama kita semua, dan itu adalah keberhasilan kita dalam mendekati masyarakat. Untuk itu, Danrem meminta agar hal itu tetap dipertahankan dan jangan sampai melakukan hal yang dapat merusak nama baik institusi TNI.

“Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Laksanakan deteksi dini, cegah dini dan lapor cepat. Jalin komunikasi yang baik bersama tokoh masyarakat, tokoh adat, Polri dan sesama prajurit TNI,” tutur Danrem 131/Santiago.

Usai pengarahan, Danrem 131/Santiago memberikan tali asih kepada anak stunting yang diberada di wilayah Kota Kotamobagu dilanjutkan dengan peninjauan kendaraan dinas sepeda motor dari Kementerian Pertahanan untuk mendukung tugas pokok Kodim 1303/Bolmong.

Turut hadir, Kolonel Inf Sandy, S.I.P (Kasi Intel Kasrem 131/Stg) bersama Istri, Kolonel Inf Y.M. Teguh Edi Pamungkas (Kasi Ren Korem 131/Stg) bersama Istri, Perwira Staf, Danramil, serta personel dan Persit Kodim 1303/Bolaang Mongondow.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.