Limi Serahkan Bantuan Pembangunan Rumah Korban Bencana di Solimandungan Baru

0
128

BOLMONG, Inatonreport.Com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow memberikan bantuan bagi korban banjir dan tanah longsor pada tahun 2020 di Desa Solimandungan Baru.

Bantuan berupa pembangunan rumah, rehabilitasi/relokasi korban bencana diserahkan langsung Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, Selasa (13/6/2023). Penyerahan bantuan oleh Pj Bupati sekaligus dengan peletakan batu pertama pembangunan rumah bagi korban bencana.

Penyerahan bantuan disaksikan oleh Kepala Dinas PRKP Hendra Hamim, pejabat teras Pemkab Bolmong, Camat Bolaang, Sangadi Desa Solimandungan Baru serta tokoh masyarakat.

Bantuan berupa biaya pembangunan masing-masing sebesar Rp 37.500.000 diterima oleh dua penerima manfaat. Pencairan diterima langsung melalui rekening penerima manfaat.

Menurut Limi, bantuan ini merupakan jawaban atas harapan dan keinginan masyarakat agar pemerintah hadir dalam setiap kesempatan saat masyarakat membutuhkan.

“Jumlah ini memang tidak sebanding dengan banyaknya keluarga-keluarga, masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow yang menjadi korban bencana,” kata Limi. Namun perlu diketahui, pemerintah telah memberikan bantuan pembangunan untuk 4.000 unit rumah yang tersebar di Kabupaten Bolaang Mongondow, tambah Limi.

1.500 unit bersumber dari pemerintah pusat, dan sisanya berasal dari dana pemerintah daerah, lanjut dia.

Dikesempatan yang sama, Kadis PRKP menyatakan bantuan baru dapat direalisasikan pada tahun ini. Menurut Hendra, anggaran baru dapat diusulkan pada tahun 2022. Alasan lainnya, katanya, ada prosedur yang perlu dilewati selain itu, korban bencana harus memiliki lahan pribadi untuk relokasi.

Dia berharap, bantuan ini dapat digunakan sesuai peruntukan. Disamping itu, pengawasan juga dilakukan dengan harapan rumah bagi keluarga korban bencana selesai sesuai rencana.

(Ridwan/Advertorial)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.