Sekkot Sofian Mokoginta Sambut Kepulangan Jamaah Haji Asal Kotamobagu

0
81

KOTAMOBAGU, Inatonreport.Com – Jamaah haji asal Kota Kotamobagu kembali kedaerah ini setelah menjalankan ibadah haji pada musim haji tahun 1444 Hijriyah.

Kepulangan 111 jamaah haji disambut langsung Sekertaris Daerah Kota Kotamobagu Sofian Mokoginta di Masjid Agung Baitul Makmur, Senin (31/7/2023).

Jamaah haji yang tiba pada pukul 11.50 WITA disambut oleh ratusan anggota keluarga yang sejak pagi telah menunggu kedatangan rombongan haji. Setibanya, rombongan haji, para anggota keluarga tidak dapat menahan keharuan hati mereka. Tangisan pun pecah, saat lambayan tangan dari jamaah haji nampak dari kaca bus yang mengangkut rombongan haji.

Memasuki masjid MABM jamaah haji langsung melaksanakan sujud sukur dan sholat sunah. Kemudian dilanjutkan dengan sholat Zuhur berjamaah.

Dalam sambutan mewakili Wali Kota Kotamobagu, Sekda Sofian Mokoginta mengatakan, ” Atas nama seluruh masyarakat Kota Kotamobagu mengucapkan selamat datang kepada seluruh jamaah haji. Semoga menjadi haji dan haja yang mabrur.”

“Perjalanan haji bukan saja perjalanan ke tanah suci dan kembali ke tanah air, melainkan pula menjadi teladan ditengah masyarakat,” katanya menambahkan.

Sementara itu, kepala kantor kementerian agama Kotamobagu menyampaikan bahwa rombongan jamaah haji telah bergerak dari asrama haji Balikpapan menuju bandara pada pukul 03.00 WITA.

Dari 115 jamaah yang berangkat , ada 1 jamaah yang batal berangkat ke Arab Saudi dan hanya 114 yang berangkat ke tanah suci dan melaksanakan haji.

Saat melaksanakan haji, ada 3 orang yang meninggal dan 111 jamaah yang kembali ke tanah air. Yang kembali ke Manado 108 orang, sedang yang 3 orang langsung menuju Makassar. Dimana 3 orang ini awalnya mendaftar haji di Kotamobagu, namun telah pindah tugas ke Makassar.
(Ridwan)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.