Bawaslu Kotamobagu Awasi Rekrutmen KPPS

0
37

KOTAMOBAGU, Inatonreport.Com – Proses perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang saat ini tahapannya tengah dilangsungkan, ternyata ikut diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kotamobagu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu, Yunita Mokodompit S.Sos kepada awak media, Kamis 14 Desember 2023. “Kami sudah mengeluarkan himbauan ke KPU Kotamobagu, terkait dengan proses pembentukan badan ad hoc yakni KPPS,” ungkap Yunita.

Dirinya mengatakan, salah satu point penting dalam himbauan tersebut, adalah agar pihak KPU, bisa melakukan perekrutan KPPS, sebagaimana regulasi.

“Menghimbau agar KPU Kotamobagu melaksanakan perekrutan dan pembentukan KPPS, sesuai dengan peraturan yang berlaku, yakni PKPU nomor 3 tahun 2022, PKPU nomor 8 tahun 2022, dan sesuai dengan Keputusan KPU RI nomor 8 tahun 2022,” tambahnya.

Selain itu, Yunita juga mengatakan kalau pihaknya telah menginstruksikan jajaran Panwaslu Kecamatan (Panwascam), hingga Panwaslu Kelurahan Desa (PKD), untuk mengawasi, seluruh proses tahapan perekrutan dan pembentukan KPPS tersebut.

“Saat ini jajaran kami mulai dari Panwaslu Kecamatan hingga Panwaslu Kelurahan Desa sementara mengawasi seluruh proses perekrutan KPPS tersebut. Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk ikut mengawasi, agar proses perekrutan KPPS benar-benar tranparan, dan akuntabel,” tuturnya.

Seperti diketahui, proses perekrutan KPPS saat ini tengah bergulir. Dimana, hal ini diawali dengan pengumuman oleh KPU terkait dengan tahapan dan seleksi perekrutan KPPS pada Pemilu tahun 2024 nanti. (*)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.