Antisipasi Ancaman Bencana Alam, Pemkot Latih Anggota Linmas

0
756

Kotamobagu, IR – Pemerintah Kota Kotamobagu melatih anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kotamobagu, sebagai upaya untuk meminimalisir adanya risiko bencana yang kapan saja bisa terjadi. Dengan melakukan latihan fisik maupun peningkatan kemampuan anggota.

Seperti yang disampaikan Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, saat membuka secara resmi kegiatan pelatihan bagi para anggota Linmas dalam rangka penanggulangan bencana yang dilaksanakan di Lapangan Kotamobagu, jum’at (4/11) pagi tadi.

“Bencana alam tidak bisa dicegah maupun dilawan,merencanakan serta menyiapkan langkah antisipatif yang tepat ketika terjadi bencana alam. Sehingga nantinya, kita akan dapat meminimalisir korban jiwa dan harta atau dengan kata lain kita harus memiliki mitigasi dan menejemen bencana yang baik“ ujar Tatong.

14906841_797612880381762_5147383596998790354_n

Tatong berharap, melalui pelatihan tersebut, kemampuan para  anggota Linmas dalam pelaksanaan tugas di bidang kemanusiaan dan sosial masyarakat dapat meningkat. “kesiap-siagaan untuk membantu dalam memberikan pertolongan dan bantuan jika nantinya terjadi bencana”, harapnya.

Pelatihan bagi para anggota Linmas yang digagas Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kotamobagu ini, sangat sejalan dengan amanah Permendagri RI No 84 tahun 2014 tentang perlindungan kepada masyarakat, dimana anggota satuan Linmas dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, guna meminimalisir akibat dari bencana serta ikut memelihara keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat. (*)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.