Air Mengandung Bakteri Bisa Picu Penyakit Kulit

0
908

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Penyakit kulit, seperti gatal-gatal yang menyerang warga Kotamobagu dipicu oleh pemanfaatan air yang mengandung bakteri untuk mandi dan dikonsumsi setiap hari.

Data yang masuk di Dinkes,selain air yang kita minum,  ternyata air yang biasa dipakai untuk mandi, terdapat bakteri yang mengakibatkan timbulnya penyakit.

“Masyarakat harus lebih waspada,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, beberapa waktu lalu.

Penyakit kulit dapat berdampak buruk bagi fungsi organ tubuh. Sebab bakteri yang terkandung didalam air tersebut, bisa hidup didalam sistem pencernaan bahkan bisa masuk melalui pori-pori manusia.

“Jangan anggap remeh penyakit ini. Bisa saja karena kita hanya menganggap penyakit kulit biasa saja, namun banyak yang tidak tahu akibat lain yang dikarenakan penyakit kulit ini,” ujarnya.

Untuk mendapatkan kualitas air minum yang sehat, harus dimasak pada suhu yang tinggi. Air yang bagus dikonsumsi, adalah air yang dimasak hingga mendidih.

Untuk dipakai mandi, seharusnya air yang terjaga kualitasnya, misalnya air sumur, harus rutin dibersihkan, agar tidak hidup bakteri yang tidak baik yang mengancam kesehatan.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.