Persiapan Jumbara, PKK Boltim Gelar Pelatihan B2SA

0
1104

Boltim, Inatonreport.Com – Tim Penggerak PKK Boltim menggelar pelatihan sebagai persiapan lomba menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis bahan pangan pada kegiatan Jumbara ke-7 tahun 2017 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Tutuyan.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Gedung PKK Desa Togid, Senin (18/09), dipimpin Ketua TP PKK Boltim Ny Nursiwin Dunggio bersama anggota, dan dihadiri oleh seluruh pengurus TP PKK masing-masing Desa se-Kecamatan Tutuyan.

Lewat sambutannya, Ketua TP PKK Boltim mengatakan, bahan pangan merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia. Penyusunan menu yang beragam, bergizi, seimbang dan aman harus lebih diperhatikan. Disamping itu, percepatan penganekaragaman konsumsi pangan (P2KP), menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan ketahanan pangan keluarga.

“Berbagai upaya telah kami lakukan guna pengembangan kehidupan keluarga menuju kehidupan keluarga yang lebih sejahtera. Salah satu program kegiatan untuk itu, adalah dengan pendekatan penyusunan menu makanan yang lebih baik bagi masyarakat,” kata Dunggio.

Dunggio menjelaskan, barometer yang bisa digunakan untuk menilai atau mengukur keanekaragaman dan keseimbangan konsumsi pangan adalah, tingkat pph masyarakat, dengan memuat jenis dan jumlah kelompok pangan.

“Konsumsi pangan penduduk dikatakan cukup apabila memenuhi dua kriteria yaitu cukup energi dan protein,” ucap Dunggio.

Dengan adanya pelatihan tersebut, Dunggio berharap bisa menambah ilmu dan wawasan masyarakat dalam hal konsumsi pangan ini.

“Mudah-mudahan lewat pelatihan ini, menjadi bekal kita semua dalam menghadapi lomba yang akan digelar lewat Jumbara pekan depan. Saya juga berharap agar dalam hal aturan konsumsi pangan yang baik dan benar ini, bisa diaplikasikan di dalam kehidupan berkeluarga sehari-hari,” tutup Dunggio.

*hms/Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.