Refleksi Hari Guru Nasional, Dunia Pendidikan Hari Ini di Mata Kepala SDN I Mongkoinit

0
967

Bolmong, Inatonreport.Com – Hari Guru Nasional dan HUT ke-72 PGRI diharapkan menjadi pendorong memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmng).

Wawancara singkat dengan Kepala Sekolah Rujukan SD Negeri I Mongkoinit, Aripin Supu, memberikan sedikit gambaran “Dunia Pendidikan”.

Aripin mengatakan, hal-hal yang perlu lebih ditingkatkan adalah profesionalitas guru, kinerja serta mampu menjadi teladan.

“Hari ini kita krisis moral. Pendidikan karakter harus lebih ditingkatkan agar guru dapat menjadi teladan bagi siswa,” kata Aripin, Kamis (30/11) pagi, di ruang kerjanya.

Selain guru, Aripin menilai siswa juga harus lebih banyak belajar, mengembangkan kemampuan diri sehingga mampu bersaing di era yang begitu kuat persaingannya.

Terkait profesionalitas guru, Aripin mengatakan, disiplin perlu menjadi perhatian. Kemampuan diri, kompetensi terus dikembangkan sehingga mampu mengajar lebih baik lagi. Semisal sekarang, lanjut Arifin, pembelajaran dengan kurikulum K13, guru harus mampu menguasai beberapa pelajaran sekaligus. Untuk itu, guru harus bisa mengembangkan kemampuannya atau kompetensi yang dimiliki.

“K13 mudah sebenarnya, jika guru mau untuk belajar lebih,” ujar Aripin.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.