Lakukan Verifikasi, BNPB Pusat Sambangi Kotamobagu

0
997

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), meninjau sejumlah lokasi di Kotamobagu yang terkena dampak bencana alam, Rabu (22/11).

Kedatangan Tim BNPB merupakan tindak lanjut proposal yang dikirim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu.

Tim BNPB tersebut terdiri dari 3 orang, yakni Ketua Tim Ir Makbul MSi, Pakar Tehnik Dody ST dan Pakar Telekomunikasi Kevin.

Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kotamobagu, Silvian Pontoh SE, mengatakan, pada 2016 lalu, pihaknya telah mengajukan proposal untuk rehab rekon talud dan drainase.

“Mereka melakukan ferivikasi sehubungan dengan tindak lanjut proposal yang kami ajukan pada 2016 lalu, untuk rehab rekon senilai Rp47.776 miliar lebih,” terang Silvian, Kamis (23/11).

Silvian mengaku, verifikasi dilakukan pada 13 talud dan 3 drainase yang tersebar di empat kecamatan di Kota Kotamobagu.

“Diantaranya talud di Desa Kobo Kecil, Desa Poyowa Besar, Desa Kopandakan, Kelurahan Motoboi Kecil, Kelurahan Motoboi Besar, Kelurahan Kobo Besar, Kelurahan Tumobui, Kelurahan Kotobangon dan Kelurahan Gogagoman, serta drainase yang terletak di Kelurahan Gogagoman, Kelurahan Tumobui dan Kelurahan Kotobangon,” ujar Silvian.

 

Silvian berharap, pemerintah pusat dapat membantu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), terkait penanggulangan bencana.

“Apalagi dalam dua tahun ini Kota Kotamobagu banyak terjadi bencana. Karena keterbasan anggaran, kita tidak terlalu banyak intervensi talud dan drainasi lewat APBD. Kita hanya berharap anggaran APBN,” terang Silvian.

*ktn/Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.