Pertama di Sulut, Boltim Tuan Rumah Bursa Inovasi Desa

0
694

Boltim, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar SH, membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa, bertempat di Aula Kantor Bupati Boltim, Rabu (27/12).

Kegiatan dimaksudkan untuk pengarusutamaan kegiatan-kegiatan inovasi, yang dapat melahirkan kreativitas pembangunan dan peningkatan produktifitas di desa, melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif.

Sehan, dalam sambutannya mengatakan, belum mumpuninya pengelolaan Dana Desa membuat Kementerian Desa, Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri? melakukan reform, perbaikan, penyesuaian dalam banyak hal dengan menciptakan terobosan yang melahirkan inovasi desa.

“Ini terobosan luar biasa. Ini menandakan pemerintah Indonesia menyadari bahwa kunci keberhasilan pembangunan ada pada kepala desa, BPD dan masayarakat desa itu sendiri,” terang Sehan.

Sementara, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Boltim, Kisman Paputungan, menambahkan, gelaran Bursa Inovasi Desa tersebut diikuti ratusan peserta yaitu para Sangadi, Ketua BPD, ketua LPM, Tim Pelaksana Inovasi Desa, Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Tenaga Pendamping Profesional P3MD serta Pendamping Lokal Desa P3MD se-Boltim.

“Bursa Inovasi Desa ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan dan pengelolaan program,” ujar Kisman.

Sedangkan, Koordinator TPID Provinsi Sulawesi Utara, Ismail Gama SHI, mengaku bangga Bursa Inovasi Desa bisa diselenggarakan di Sulawesi Utara dan di mulai dari Kabupaten Boltim.

“Tema tahun ini adalah percepatan. Melalui Bursa Inovasi Desa, diharapkan dapat diterapkan di desa masing-masing tentunya. Setelah ini, Kepala Desa, BPD, LPM, harus kembali ke desa dan bermusyawarah lagi dengan masyarakat untuk menyampaikan hasil yang didapatkan di Bursa Inovasi Desa,” ucapnya.

Tampak hadir di kegitan tersebut Wakil Bupati Boltim Drs Rusdi Gumalangit, Sejumlah Anggota DPRD yang dipimpin langsung Ketua DPRD Boltim Drs Marsaoleh Mamonto, serta pimpinan perangkat daerah Pemkab Boltim.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.