Sehan Minta PT ASA Buat Jalan Khusus Kendaraan Besar

0
867

Boltim, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar SH, meminta pihak PT Arafura Surya Alam (ASA) membuat jalan khusus kendaraan besar.

Hal tersebut disampaikan Sehan saat menghadiri Konsultasi Publik Pertambangan Emas PT ASA, di Kecamatan Kotabunan yang berlangsung di Balai Desa Bulawan II Kecamatan Kotabunan, Sabtu (9/12).

“Apabila perusahaan jadi beroperasi, maka harus membuat jalan khusus kendaraan besar. Sebab, jalan daerah tidak akan mampu menerima beban seberat itu karena kapasitasnya PT ASA harus membuat jalan sendiri sesuai kapasitas kenderaan besar,” ujar Sehan.

Bupati dua periode ini menambahkan, dalam perekrutan tenaga kerja untuk tidak menggunakan outsourcing.

“Jangan menggunakan outsourcing perekrutan tenaga kerja harus perusahan langsung. Dan harus memprioritaskan orang dalam kampung atau wilayah pertambangan,” terang Sehan.

Sementara, Konsultan penyusun Amdal PT ASA, Prof. Bobbi Polii, berujar, kajian konsultasi ini menjadi keharusan. Yaitu, tentang keterlibatan masyarakat dalam pembahasan amdal.

“Tujuannya adalah untuk menampung semua keluhan masyarakat dan hasilnya nanti akan di masukan ke dokument amdal,” kata Bobbi.

Lanjut Bobbi, pada tahun 2013 lalu sudah dilakukan kajian amdal. Karena sudah lewat tiga tahun maka harus di buat amdal yang baru.

“Nah ini pembahasan yang kedua yang di lakukan perusahan,” terang Bobbi.

Dikabarkan, kegiatan konsultasi publik yang dilakukan oleh PT ASA merupakan salah satu implementasi dari Permen LH Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat dalam Proses AMDAL dan Izin Lingkungan.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.