Wabup Boltim Pimpin Apel K3

0
765

Boltim, Inatonreport.Com – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Drs. Rusdi Gumalangit  memimpin apel bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kabupaten Boltim, di halaman PT. Arafura Surya Alam, Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kamis (15/2).

Apel dengan tema ‘Melalui Budaya K3 Kita Bentuk Bangsa Yang Berkarakter’, dihadiri seluruh karyawan dari sejumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Boltim.

Dalam apel tersebut, Rusdi, mengatakan, pembangunan infrastruktur yang sedang digenjot pemerintah harus didukung dengan penerapan K3 agar tidak terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

“Kecelakaan kerja berdampak terhadap kerugian material, korban jiwa, gangguan kesehatan dan mengganggu proses produksi karena itu perlu dilakukan upaya nyata secara maksimal untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan maupun penyakit akibat kerja,” kata Rusdi membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia.m

Rusd menuturkan, pelaksanaan K3 di tempat kerja bertujuan agar tenaga kerja dan orang yang berada di tempat kerja terjamin keselamatan, peralatan, aset dan sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisien.

“Salah satu penyebab kecelakaan kerja adalah belum optimalnya pengawasan dan pelaksanaan K3 serta perilaku K3 di tempat kerja,” terang Rusdi.

Selain itu, Rsdi menambahkan, untuk mendukung pelaksanaan K3, pemerintah telah berupaya antara lain dengan meningkatkan jumlah pengawas spesialis bidang K3 dan menyempurnakan peraturan dan standar di bidang K3.

“Disamping itu, penting untuk meningkatkan peran serta masyarakat melalui lembaga K3 dan pemeduli K3,” tutup Rusdi.

*Abdyanto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.