Bappelitbangda Boltim Gelar Musrenbang RKPD 2019

0
932

Boltim, Inatonreport.Com – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Pemkab Boltim, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019,  di Aula Kantor Bupati Boltim, Senin (26/3).

Saat membuka kegiatan tersebut, Bupati Boltim, Sehan Landjar SH, mengatakan, Musrenbang adalah upaya penajaman dari seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sejak tahap awal mulai dari musren desa, kecamatan, koordinasi SKPD untuk meramu apa yang harus dilakukan pada tahun 2019.

“Kepada semua pemangku kepentingan, inilah saatnya kita memusyawarahkan sesuatu yang dianggap urgen yang harus kita selesaikan pada 2019 nanti lewat upaya dan strategi yang disebut program dan kegiatan,” ujar Sehan.

Sehan meminta, seluruh pemangku kepentingan agar akurat dalam melakukan perencanaan dan bukan “tiba saat tiba akal”.

“Saya harap bukan copy paste. Betul-betul kita harus rumuskan satu rancangan program. Dan kegiatan pada 2019 adalah bagian tindak lanjut dari apa yang sudah kita laksanakan sehingga tidak lari dari visi misi daerah,” terang Sehan.

Terkait pekerjaan proyek fisik yang dibiayai dengan ADD, Sehan menegaskan para Sangadi untuk melibatkan masyarakat.

“Tujuan pembangunan ada tiga, yakni yang paling utama adalah bagaimana menciptakan rakyat Boltim yang cerdas, sehat. Dan hasil dari pembangunan membuat rakyat Boltim sejahtera. Tolak ukur masyarakat ada dua, kemampuan daya beli masyarakat dan tingkat pengangguran,” jelas Sehan.

Sementara, Kepala Bidang Litbang Bappelitbangda Boltim, James Kinontoa, menambahkan, tujuan diselenggarakannya Musrenbang yakni untuk melakukan penetapan, penyelerasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD untuk mendapatkan masukan dan saran dari stake holder dan masyarakat. Tahapan-tahapan perencanaan telah dilaksanakan diantaranya Musrenbang Desa di 80 desa, Musrenbang Kecamatan di 7 kecamatan, rapat forum perangkat daerah serta Konsultasi Publik,” ungkap James.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.